Anggota Al-Qaida Sergap Militer Yaman, 11 Prajurit Tewas

ADEN, SERUJI.CO.ID – Sedikitnya 11 prajurit Yaman tewas setelah anggota Al-Qaida yang bersenjata menyergap rombongan militer di Provinsi Hadhramatuh, Yaman Tenggara, pada Rabu malam (28/3), kata seorang pejabat keamanan.

Serangan mematikan tersebut dilancarkan oleh sekelompok pria bersenjata anggota Al-Qaida di Lembah Hajar di Provinsi Hadhramauth dan mengincar rombongan militer yang terdiri atas tiga kendaraan, kata sumber keamanan itu, yang tak ingin disebutkan jatidirinya.

Kebanyakan tentara yang tewas berasal dari pasukan Yaman yang baru direkrut dan didukung oleh Uni Emirat Arab (UAE) dan sebagian anggota Pasukan Operasi Khusus di Hadhramauth, kata sumber tersebut.

Ia menambahkan tambahan pasukan Yaman yang didukung UAE dikirim ke lokasi penyerangan di Lembah Hajar cuma beberapa jam setelah serangan itu.

Satu sumber suku di daerah tersebut mengkonfirmasi sejumlah tentara hilang setelah serangan itu.

“Para penyerang dari Al-Qaida menghujani rombongan tersebut dengan tembakan gencar dari berbagai arah dan tentara tak bisa menyelamatkan diri,” kata sumber suku itu, yang juga tak ingin disebutkan jatidirinya.

Selama dua tahun belakangan, Al-Qaida di Jazirah Arab (AQAP) dan kelompok lain gerilyawan termasuk IS telah aktif beroperasi di bagian selatan Yaman.

Gerilyawan Al-Qaida dan kelompok IS sering melancarkan pemboman pinggir jalan dan bunuh diri terhadap pasukan keamanan Yaman yang dipusatkan di beberapa provinsi di negeri tersebut.

Negara Arab miskin itu telah dicengkeram perang saudara sejak gerilyawan Syiah dukungan Iran, Al-Houthi, menguasai sebagian besar wilayah negeri tersebut dengan menggunakan kekuatan dan merebut semua provinsi Yaman Utara termasuk Ibu Kotanya, Sana’a, pada 2014.

Arab Saudi memimpin koalisi militer Arab yang ikut-campur di Yaman pada 2015 untuk mendukung pemerintah Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi setelah gerilyawan Al-Houthi memaksa dia hidup di pengasingan.

PBB telah mencatat Yaman sebagai salah krisis kemanusiaan nomor satu di dunia, dan tujuh juta warga Yaman berada di jurang kelaparan serta kolera yang mengakibatkan lebih dari 2.000 kematian. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Bantah Keterangan Polisi, BPK Tegaskan Belum Pernah Audit Dana Kemah Pemuda Islam

Ternyata BPK menyatakan belum ada permintaan audit terkait kegiatan Apel dan Kemah Pemuda Islam 2017. Bahkan, BPK pun belum pernah melakukan ekspose terkait dugaan penyimpangan dana atas kegiatan tersebut yang menjerat Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak.

dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ