Anggota Al-Qaida Sergap Militer Yaman, 11 Prajurit Tewas

0
50
Ilustrasi.

ADEN, SERUJI.CO.ID –¬†Sedikitnya 11 prajurit Yaman tewas setelah anggota Al-Qaida yang bersenjata menyergap rombongan militer di Provinsi Hadhramatuh, Yaman Tenggara, pada Rabu malam (28/3), kata seorang pejabat keamanan.

Serangan mematikan tersebut dilancarkan oleh sekelompok pria bersenjata anggota Al-Qaida di Lembah Hajar di Provinsi Hadhramauth dan mengincar rombongan militer yang terdiri atas tiga kendaraan, kata sumber keamanan itu, yang tak ingin disebutkan jatidirinya.

Kebanyakan tentara yang tewas berasal dari pasukan Yaman yang baru direkrut dan didukung oleh Uni Emirat Arab (UAE) dan sebagian anggota Pasukan Operasi Khusus di Hadhramauth, kata sumber tersebut.

Ia menambahkan tambahan pasukan Yaman yang didukung UAE dikirim ke lokasi penyerangan di Lembah Hajar cuma beberapa jam setelah serangan itu.

Satu sumber suku di daerah tersebut mengkonfirmasi sejumlah tentara hilang setelah serangan itu.

“Para penyerang dari Al-Qaida menghujani rombongan tersebut dengan tembakan gencar dari berbagai arah dan tentara tak bisa menyelamatkan diri,” kata sumber suku itu, yang juga tak ingin disebutkan jatidirinya.

Selama dua tahun belakangan, Al-Qaida di Jazirah Arab (AQAP) dan kelompok lain gerilyawan termasuk IS telah aktif beroperasi di bagian selatan Yaman.

Gerilyawan Al-Qaida dan kelompok IS sering melancarkan pemboman pinggir jalan dan bunuh diri terhadap pasukan keamanan Yaman yang dipusatkan di beberapa provinsi di negeri tersebut.

Negara Arab miskin itu telah dicengkeram perang saudara sejak gerilyawan Syiah dukungan Iran, Al-Houthi, menguasai sebagian besar wilayah negeri tersebut dengan menggunakan kekuatan dan merebut semua provinsi Yaman Utara termasuk Ibu Kotanya, Sana’a, pada 2014.

Arab Saudi memimpin koalisi militer Arab yang ikut-campur di Yaman pada 2015 untuk mendukung pemerintah Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi setelah gerilyawan Al-Houthi memaksa dia hidup di pengasingan.

PBB telah mencatat Yaman sebagai salah krisis kemanusiaan nomor satu di dunia, dan tujuh juta warga Yaman berada di jurang kelaparan serta kolera yang mengakibatkan lebih dari 2.000 kematian. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...