Anak-Anak Pikul Penderitaan Akibat Perang di Irak

MOSUL – Kantor berita Reuters melaporkan ribuan anak-anak terpisah akibat sembilan bulan peperangan di kota Mosul, Irak.

Sebagian anak-anak ditemukan berkeliaran sendirian dengan ketakutan, diantara puing-puing reruntuhan bangunan, dan sebagian lagi ikut bergabung dengan para pengungsi, ikut dalam gelombang eksodus dari Mosul yang telah luluh lantak.

Badan Perlindungan Anak PBB Unicef melalui seorang spesialisasi perlindungan anak Mariyampillai Mariyaselvam menyatakan bahwa saat ini banyak anak-anak mengalami shock ditemukan di reruntuhan puing-puing sisa peperangan atau bersembunyi di dalam terowongan-terowongan di Mosul.

“Banyak diantara mereka kehilangan keluarganya ketika melarikan diri dari pertempuran, namun banyak juga sebagian dari orang tua terpaksa meninggalkan anak-anak mereka atau memberikan anak mereka kepada orang lain,” paparnya.

Juga disamping itu ia menjelaskan bahwa banyak juga anak-anak dipaksa untuk ikut melakukan aksi pertempuran atau melakukan aksi kekerasan, sehingga mereka sangat rentan menjadi korban eksploitasi seksual.

“Anak-anak ini sangat rentan, sebagian dari mereka melewati sejarah hidup yang sangat menyakitkan,” kata Mariyampillai.

Ia menuturkan, saat ini jumlah anak yang mengungsi dari Mosul kian bertambah banyak ketika pertempuran mencapai klimaksnya.

“Sangat sulit mengetahui secara akurat jumlah anak-anak terlantar itu. Badan-badan perlindungan anak mencatat sebanyak lebih dari 3.000 anak terpisah dari orang tuanya, sedangkan sebanyak 800 anak hidup sendirian. Yang menjadi prioritas adalah mereka yang hidup sendirian,” ujar Mariyampillai. (HA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER