11 Orang Tewas di Kamboja Usai Minum Anggur Tercemar

PHNOM PENH, SERUJI.CO.ID – Sebelas warga desa meninggal dan 138 orang lagi dirawat di rumah sakit di Provinsi Kratie, Kamboja Timur, setelah mereka minum anggur dan air juga tercemar, kata Kementerian Kesehatan di dalam satu pernyataan, Senin (7/5).

Peristiwa itu terjadi di Desa Sre Non dan Aloch di Masyarakat Kantuot, Kabupaten Chitborey, pekan lalu, setelah warga desa melaporkan mereka minum anggur beras dan air yang dikumpulkan dari satu saluran air, kata pernyataan tersebut.

Ditambahkannya, semua korban memiliki gejala yang sama seperti sakit perut, muntah, sakit tenggorokan, kelelahan, pusing dan sesak nafas.

Saat ini, 134 korban telah menerima perawatan medis di Rumah Sakit Provinsi Kratie dan kebanyakan telah pulih. Sementara itu, sisa empat korban, yang berada dalam kondisi parah, telah dirawat di Rumah Sakit Calmette di Ibu Kota Kamboja, Phnom Penh, katanya.

Semua korban berusia antara 24 dan 73 tahun.

Menurut pernyataan tersebut, para pejabat kesehatan pada Ahad (6/5) mengambil sampel anggur beras yang dibuat oleh warga dan air yang diduga tercemar di kedua desa itu untuk diteliti. Mereka mendapati bahwa anggur beras tersebut memiliki kadar metanol tinggi, yang membuat orang keracunan, sementara hasil diagnosis air yang diduga tercemar belum diperoleh.

Pernyataan itu mengatakan pemerintah lokal telah menutup produksi dan penjualan anggur beras di semua desa, melarang warga desa menggunakan air yang diduga tercemar di saluran air tersebut, dan menyediakan air bersih buat warga.

“Saya ingin menyeru rakyat agar tidak minum anggur yang tak memiliki sumber jelas, atau membuat tanpa teknik yang layak, terutama anggur yang dicampur dengan metanol,” kata Menteri Kesehatan Mam Bunheng di dalam pernyataan itu.

“Rakyat tak boleh mengalirkan, atau membuang air atau bahan kimia ke dalam danau, sungai, atau saluran air yang menjadi sumber air buat konsumsi kita,” katanya.

Sementara itu, Komisariat Polisi Provinsi Kratie mengatakan di dalam satu laporan pada Senin bahwa ada peristiwa keracunan makanan lain di Desa Proma, Kampong Damrey di Kabupaten Chhloung pada Ahad, sehingga 44 warga desa dirawat di rumah sakit.

Laporan tersebut mengatakan semua korban jatuh sakit setelah mereka mengkonsumsi kue beras yang dijual di desa itu. Namun, kondisi mereka tidak serius, dan mereka semua telah pulih dan diperkenankan pulang dari Rumah Sakit Provinsi Kratie. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Al Ghazali dan Dendam Anak-Anak Revolusi

Di masa Orde Baru adalah anak-anak yang bapak/ibunya dibunuh atau dipenjarakan Suharto. Di masa ini mereka adalah anak-anak yang bapaknya dipenjarakan Jokowi karena berbeda pandangan politik.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Konsultasi Manajemen Bersama SNF Consulting

Anda dapat konsultasikan masalah terkait menajemen dan pengelolaan perusahaan kepada SNF Consulting dengan mengisi form di bawah dengan lengkap.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER