close

PBB: Dunia Perlu Lebih Banyak Perempuan di Parlemen

NEW YORK, SERUJI.CO.ID –  Dunia memerlukan lebih banyak perempuan anggota Dewan Legislatif, kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Jumat (29/6), di dalam pesannya untuk Hari Parlementarisme Internasional, yang diperingati pada 30 Juni.

“Parlemen masih saja sangat didominasi oleh lelaki,” kata Guterres. Ia menambahkan dunia memerlukan lebih perempuan sebagai anggota Parlemen.

“Saat kita memperingati hari baru internasional ini, saya menyampaikan dukungan saya buat anggota Parlemen di seluruh dunia, saat mereka berjuang untuk mengabdi buat orang yang mereka layani,” katanya.

“Hari Parlementarisme Internasional, peringatan baru PBB, mengakui peran penting yang dimainkan oleh anggota Parlemen,” kata pemimpin PBB itu.


“Sebagai seorang mantan anggota Parlemen, saya telah merasakan, secara langsung, tanggung-jawab karena mewakili orang dan berusaha menyampaikan aspirasi mereka,” kata Guterres. Ia menambahkan anggota Parlemen dapat menjadi pilar demokrasi, pembela penting hak asasi manusia dan dapat menghubungkan masalah lokal dan global.

“Melalui peraturan dan keputusan pengeluaran, mereka bisa memberi sumbangan secara besar bagi tercapainya Sasaran Pembangunan Berkelanjutan, cetak biru kita bagi masyarakat yang damai dan ulet di planet yang sehat,” katanya.

Untuk pertama kali, 30 Juni tahun ini diperingati sebagai Hari Parlementarisme Internasional. Itu juga adalah tanggal, pada 1889, saat Uni Antar-Parlemen, organisasi parlemen global, didirikan.

Hari tersebut merayakan Parlemen dan cara sistem pemerintah parlementer meningkatkan kehidupan sehari-hari rakyat di seluruh dunia. (Ant/Su02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER