Bill Cosby Dinyatakan Bersalah Atas Penganiayaan Seksual

NORRISTOWN, SERUJI.CO.ID – Tim juri di pengadilan Pennsylvania, Amerika Serikat, menyatakan pelawak Bill Cosby bersalah atas tiga dakwaan membius dan menganiaya seorang teman pada 2004.

Keputusan juri itu merupakan kemenangan bagi tim jaksa dalam salah satu pengadilan pertama menyangkut serangan seksual oleh para pesohor di tengah maraknya gerakan untuk menghentikan pelecehan dan serangan seksual, #MeToo.

Cosby (80) dikenal terutama karena perannya sebagai seorang ayah yang dicintai dalam cerita serial televisi tahun 1980-an, “The Cosby Show”.

Cosby menghadapi ancaman hukuman penjara hingga 10 tahun untuk masing-masing ketiga dakwaan itu atas tindakan tidak senonoh yang dilakukannya terhadap Andrea Constand, yang saat ini berusia 45 tahun.

Constand adalah mantan pengurus tim bola basket putri di Temple University, yang juga merupakan almamater Cosby.

Constand merupakan salah satu dari sekitar 50 perempuan yang menuduh Cosby melakukan penganiayaan seksual terhadap mereka.

Semua tuduhan diyakini terlalu lama untuk disidangkan.

Cosby mengatakan bahwa setiap hubungan seksual yang melibatkannya dilakukan atas dasar mau-sama-mau.

Keputusan juri itu dicapai dengan suara bulat oleh para anggotanya, yang terdiri dari tujuh pria dan lima perempuan.

Keputusan tersebut muncul kurang dari satu tahun setelah tim juri sebelumnya menghadapi jalan buntu untuk mencapai kesepakatan dalam pengadilan pertama Cosby atas dakwaan-dakwaan yang sama. Kebuntuan itu mendorong hakim untuk membatalkan pengadilan namun tim jaksa memutuskan untuk menyidangkan Cosby kembali.

Pengadilan pertama berakhir hanya beberapa saat sebelum kalangan pria-pria kaya dan berpengaruh di media, industri hiburan dan politik dibanjiri tuduhan melakukan serangan dan pelecehan seksual. Gelombang tuduhan itu tercakup dalam gerakan #MeToo dan #TimesUp.

Pengungkapan di kalangan pesohor itu telah mendorong keberanian para perempuan di semua aspek kehidupan untuk mengungkapkan cerita-cerita pribadi mereka soal pelecehan seksual yang dialaminya. Banyak di antara mereka yang akhirnya berani berbicara setelah diam selama bertahun-tahun. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion JT-610: Urgensi Audit Maskapai Airline untuk Keselamatan Penerbangan

"Secara juridis bila terjadi suatu kecelakaan (accident) pesawat udara dalam kegiatan penerbangan maka Pemerintah juga dapat ditarik menjadi pihak yang harus bertanggungjawab sebagai suatu perbuatan kelalaian dalam melaksanakan kewajiban hukum" -Prof Dr Hasim Purba, SH.MHum

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER