Polda Sumut Limpahkan Perkara Abu Tours ke Makassar

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Penyidik Ditreskrimum Polda Sumatera Utara secepatnya akan melimpahkan berkas perkara Travel Abu Tours yang beralamat di Jalan Abdullah Lubis Medan, dalam dugaan penipuan ratusan calon pesera umroh ke tanah suci Mekkah, ke Polda Sulawesi Selatan.

Kasubbid Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan di Medan, Selasa (10/4), mengatakan, pelimpahan berkas perkara itu Makassar karena kantor Pusat Travel Abu Tours berada di daerah tersebut.

Sehubungan dengan itu, menurut dia, maka seluruh berkas perkara Travel Abu Tours di Medan yang telah ditangani Polda Sumut harus diserahkan ke Polda Sulawesi Selatan.

“Biarlah perkara Abu Tours yang ada di Medan, dan Polda Sulawesi Selatan yang mengusutnya,” ujar AKBP MP Nainggolan.

Ia menjelaskan, Polda Sumut juga telah menetapkan sebagai tersangka Pimpinan Cabang Travel Abu Tours Medan yang berinisial Anw, karena diduga menipu ratusan calon peserta umroh di daerah itu.

Namun, setelah Anw ditetapkan tersangka, pimpinan biro perjalanan umroh di Kota Medan itu menghilang dan diduga melarikan diri ke Makassar.

“Tersangka Anw, saat ini berstatus daftar pencarian orang (DPO) dan masih dilakukan pencarian oleh Polda Sumut,” ucapnya.

Nainggolan menjelaskan, pelimpahan berkas perkara Abu Tours ke Polda Sumut karena ada imbauan dari Bareskrim Polri agar setiap polda yang menangani perkara umroh tersebut harus melimpahkannya ke Polda Sulawesi Selatan.

Kantor Travel Abu Tours yang beroperasi di Kota Medan hanya perwakilan saja. Sedangkan, kantor pusatnya berada di Kota Makassar.

Seluruh biaya yang diterima dari calon peserta umroh di Medan, telah diserahkan seluruhnya ke kantor Pusat Travel Abu Tours di Makassar.

“Yang menentukan keberangkatan peserta umroh ke Mekkah adalah kantor pusat Travel Abu Tours di Makassar,” ucap mantan Kapolres Nias itu Selatan itu. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER