Dugaan Kasus Suap, Perdana Menteri Israel Dituntut Polisi

0
36
Benjamin Netanyahu
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (Foto: Istimewa)

JERUSALEM, SERUJI.CO.ID – Polisi Israel pada Selasa (13/2) menyarankan agar tuntutan suap, penipuan dan pelanggaran kepercayaan diajukan terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam dua kasus korupsi terpisah.

Setelah penyelidikan selama satu bulan, polisi menyerahkan rekomendasi mereka kepada Jaksa Agung Israel Avichai Mandelblit, yang akan memutuskan apakah akan mengajukan dakwaan terhadap perdana menteri Israel tersebut.

Di dalam satu pernyataan resmi, polisi mengatakan mereka telah menyimpulkan bahwa ada “cukup bukti” yang memberatkan Netanyahu dalam kasus itu.

Dalam kasus pertama, yang dinamakan “Kasus 1000”, Netanyahu diduga menerima suap dari seorang pengusaha Israel dan hartawan Hollywood Arnon Milchan, dan seorang pengusaha Australia James Packer.

Polisi mengatakan antara 2007 dan 2016, Netanyahu dan keluarganya menerima cerutu mahal, champagne dan perhiasan dengan nilai satu juta shekel (282.800 dolar AS).

“Setelah Netanyahu terpilih kembali sebagai Perdana Menteri pada 2009, lingkup dan seringnya pengiriman barang meningkat tajam”, kata pernyataan tersebut.
Sebagai imbalan atas barang-barang itu, Netanyahu diduga mendekati para pejabat AS dan meminta mereka memperpanjang visa Milchan ke Amerika Serikat.

Ia juga bertindak untuk menggolkan satu peraturan dan memberi pengecualian pajak karena mengembalikan warga negara Israel yang tinggal di luar negeri selama lebih dari 10 tahun, yang dikenal dengan nama “Milchan Bill”, dan membantu Milchan mendorong penanaman modalnya di media Israel.

Dalam kasus lain, yang diberi nama “Kasus 2000”, Netanyahu diduga menerima suap dari Arnon Mozes, penerbit Yedioth Aharonoth, salah satu harian terbesar di Israel.

Polisi mengatakan Netanyahu dan Mozes mengadakan pembicaraan mengenai “kesepakatan pertukaran”. Dalam kesepakatan tersebut, Netanyahu akan menerima cakupan yang mendukung di Yediot Aharonoth sebagai imbalan bagi digolkannya peraturan dan tindakan lain yang akan membatasi distribusi Israel Hayom, pesaing utama Yedioth.

Netanyahu berkeras bahwa ia tak bersalah di dalam pernyataan video yang disiarkan oleh semua saluran utama di negeri itu dan di laman Facebooknya.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Tips Makan Sehat Puasa

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID - "Puasalah agar kamu sehat", demikian salah satu hadis Rasulullah berkaitan dengan manfaat puasa bagi yang...

DPR Anggap Polisi Lakukan Pelecehan Karena Jadikan Alquran Sebagai Bukti Terorisme

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid menganggap kepolisian telah melakukan pelecehan pada ummat Islam karena tindakan menjadikan Alquran sebagai barang...

Pertamina TBBM Sei Siak kembali Resmikan Program CSR untuk Masyarakat Tanjung RHU dan Pesisir

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - PT Pertamina (Persero) Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sungai Siak meresmikan program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberdayaan masyarakat di kelurahan...

Tebarkan Semangat Kebaikan, Bahagia Bersama Yatim PKPU HI Mulai Bergulir

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Di hari kedua Ramadhan PKPU Human initiative Kaltim menyalurkan program Bahagia Bersama Yatim berupa paket bingkisan, Sebar Al-Quran dan Buka Puasa...

Bupati Malinau Hadiri Panen Padi Perdana PT. MA dan PT. BDMS

MALINAU, SERUJI.CO.ID - Bupati Malinau DR. Yansen TP menghadiri panen padi perdana di lahan pertanian yang dioleh PT. Mitrabara Adiperdana (MA) dan PT. Bara...