Mengapa Penting Pakai Sarung Tangan Bagi Pesepeda Motor?

Jakarta, Seruji.com– Boleh jadi Anda termasuk salah seorang yang tidak suka menggunakan sarung tangan saat bepergian dengan sepeda motor. Alasan ‘ribet’, kurang nyaman, hingga malas biasanya menjadi faktor utama, padahal sarung tangan memiliki peran yang cukup penting sebagai bagian dari alat pelindung diri saat berkendara.

Sebagai pesepeda motor yang cerdas, tentunya memahami manfaat sarung tangan saat bersepeda motor.

Proteksi
Gesekan konstan setang motor dengan kulit Anda, terutama ketika Anda sedang berkeringat, berpotensi menyebabkan lecet. Memakai sarung tangan mencegah lecet tersebut, ataupun gesekan yang lainnya yang menimbulkan ketidaknyamanan karena getaran yang dihasilkan saat melibas jalanan.

Grip
Beberapa jenis sarung tangan motor dilengkapi dengan karet, sehingga Anda lebih mudah mencengkeram setang di cuaca yang panas, basah, atau lembab. Jika grip Anda semakin baik, kontrol sepeda motor pun akan lebih baik.

Suhu
Sarung tangan juga berfungsi untuk memberikan kehangatan saat cuaca dingin karena hujan. Jika Anda mencengkeram benda dingin seperti setang, Anda bisa dengan mudah kehilangan panas di tangan Anda. Sarung tangan akan membantu Anda menghindari hipotermia saat melintasi daerah yang dingin. Di musim kemarau, sarung tangan juga berfungsi melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Keamanan
Fungsi terakhir ini adalah fungsi yang paling esensial dari penggunaan sarung tangan saat mengendarai motor. Sarung tangan sedikit banyak membantu mengurangi cedera serius pada bagian tangan jika terjadi kecelakaan. Biasanya, pada saat terjadi benturan atau terjatuh, gerak refleks tangan akan langsung melindungi bagian tubuh yang lainnya dan ini berpotensi menyebabkan tangan terluka.

Jadi masih berpikir tidak penting mengenakan sarung tangan saat bersepeda motor? (ls)

*Dari berbagai sumber

Foto: lucky-rider.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER