Sotong Pangkong, Kudapan Khas Ramadhan di Pontianak


Sotong Pangkong, hanya ada selama Ramadhan di Pontianak. Kudapan ini mengingatkan saya pada taburan rujak juhi, makanan peranakan khas Jakarta. Yup, sotong pangkong adalah sotong atau cumi kering yang dimasak dengan cara dipanggang di atas tungku. Selagi dipanggang, cumi sekali-kali dibolak-balik sambil dipukul-pukul dengan palu hingga pipih.

Pangkong merupakan bahasa Melayu Pontianak yang artinya pukul. Proses pemanggangan membuat aroma gurih khas cumi keluar. Sotong pakong biasa dinikmati dengan semangkuk kecil sambal kuah kacang atau bumbu ebi encer yang pedas gurih asam manis.

Jajanan sotong pangkong hanya bisa ditemui menjelang dan selama bulan Ramadhan. Di kedai “Sotong Delicious” milik Bu Diana yang biasa mangkal di Jalan Merdeka, satu porsi sotong ukuran kecil dihargai Rp 15 ribu, kalau cuminya besar Rp 25 ribu.

Dalam sehari Bu Diana mengaku bisa menjual 1 kilogram sotong kering yang kira-kira berisi 30 ekor cumi besar maupun kecil. Seperti para pedagang sotong pangkong lainnya yang berderet di sepanjang Jl. Merdeka, Bu Diana merupakan pedagang musiman. Mereka biasa menggelar dagangan sejak sore hingga dini hari dan menjadi kudapan favorit setelah berbuka puasa.

Penasaran rasanya?
Anda bisa kok membuatnya sendiri dengan resep berikut.

SOTONG PANGKONG khas Pontianak

Bahan:
– Cumi yang telah dikeringkan 5 ekor

Bumbu:
– Bawang merah 2 siung
– Cabe rawit 3 buah
– Kacang tanah yang telah disangrai dan digerus halus
– Sedikit cuka

Peralatan:
– Pemanggang dan arang
– Palu kayu dan alasnya untuk meletakkan sotong yang akan dipangkong
– Gunting untuk memotong sotong
– Piring

Cara membuat:
– Cumi kering dipanggang sampai harum, bolak-balik sembari dipangkong (dipukul-pukul dengan palu hingga lunak/semi hancur). Setelah itu dipotong-potong, hidangkan dalam piring kecil.
– Untuk membuat saus atau sambalnya, haluskan semua bahan dan campur dengan cuka dan air, jangan terlalu kental.

 

PENULIS: Nurur Widodo
EDITOR: Iwan Y

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi
close