Terkait Imbauan Jokowi Berbaju Putih ke TPS, TKN: Tidak Melanggar Asas Pemilu

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Beredar sebuah foto tulisan bertandatangan calon Presiden nomor urut 01, Jokowi yang mengimbau pendukungnya untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dihari pemilihan pada tanggal 17 April dengan menggunakan baju putih.

Foto yang diunggah aktivis Fadjroel Rachman di akun instagramnya yang beralamat di @fadjroelrachman beredar luas di media sosial.

Beberapa pihak menganggap imbauan tersebut telah melanggar asas Pemilu yang langsung, umum, bebas, dan rahasia (Luber). Salah satunya adalah mantan Sekmen BUMN, Said Didu.

“Bpk Presiden @jokowi yth, jika ini betul tulisan Bpk ada baiknya Bpk pelajari azas pemilu yaitu Langsung, umum, bebas dan rahasia. Krn rahasia tdk boleh ada simbol2 apapun di TPS – kok ini malah Bpk suruh rakyat menggunakan simbol. Mhn Bpk jangan jadi pembunuh demokrasi,” tulis Said Didu lewat akun twitternya @saididu, Selasa (26/3).

TKN Nilai Imbauan Jokowi Tak Langgar Asas Pemilu

Jokowi saat kampanye di Lapangan Taman Bukit Gelanggang, Dumai, Selasa (26/3/2019). (foto:istimewa)

Anggota Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, Ridlwan Habib mengatakan imbauan capres Joko Widodo agar pendukungnya berbaju putih saat ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 17 April nanti wajar dan tidak melanggar asas Pemilu.

“Baju warna putih tanpa angka atau gambar bukan peraga kampanye, sah dan boleh dipakai ke TPS,” ujar Ridlwan Habib di Jakarta dikutip dari Antara, Kamis (28/3).

Menurut Ridlwan, ajakan berbaju warna putih itu justru menyemangati para pendukung Jokowi-Ma’ruf. “Jadi teringat terus karena di surat suara Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf memakai baju warna putih, ” ujarnya.

Secara berkelakar, Ridlwan menyebut TPS sebagai singkatan dari “Tusuk Putih Saja”.

Ridlwan meyakini imbauan Jokowi itu akan ditaati oleh jutaan pemilihnya di Indonesia.

“Kita akan melihat nanti, 17 April, TPS seluruh Indonesia memutih, warga antusias memilih yang baju putih. Tusuk putih saja, TPS, ” tuturnya.

Dalam beberapa kesempatan kampanye terbuka, seperti di Dumai, Riau dan Balikpapan, Kalimantan Timur, Jokowi juga mengimbau agar pendukungnya berbaju putih ke TPS.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER