Terkait Dugaan ASN Befoto Dukung Gus Ipul, Bawaslu Tegaskan Dapat Dijerat Pidana Pemilu

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Bawaslu Jatim memastikan jika ditemukan adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak netral di Pilgub Jatim 2018, maka yang bersangkutan bisa dikenakan pidana Pemilu. Oleh sebab itu, untuk mengusut keterlibatan ketidaknetralan ASN Pemprov Jatim, Bawaslu Jatim akan memanggil pihak-pihak terkait.

Ketua Bawaslu Jatim Mohammad Amin mengatakan jika berfoto walaupun tidak dengan paslon tapi terdapat simbol yang mengarah dukungan ke Paslon lalu diunggah, dan yang menanggapi juga ASN dengan kalimat yang juga menggarah mendukung atau menguntungkan salah satu calon, maka hal itu diindikasi melanggar.

“Dalam kasus medsos yang terjerat tidak hanya ASN yang berfoto, bahkan ASN yang nge like maupun menanggapi dengan kalimat yang mengarah pada dukungan dipastikan semua akan kena,” katanya saat dikonfirmasi SERUJI lewat ponselnya, Rabu (25/4).

Mohammad Amin mengatakan Bawaslu posisinya melakukan klarifikasi, dan pembuktian terhadap pelanggaran tersebut. Apabila terbukti maka Bawaslu merekomendasikan kepada instansi di atasnya, seperti Gubernur atau inspektorat dan juga komisi ASN di Jakarta, untuk menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu.

“Tapi sesuai UU 10 pasal 70-71 permasalahan tersebut mengarah pada pidana pemilu, untuk itu dalam menindaklanjuti kasus ini, Bawaslu akan melibatkan Gakkumdu (penegakan hukum terpadu) jika terbukti akan dilimpahkan ke kepolisian, kejaksaan sampai dengan proses pengadilan,” ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, beredar di medsos postingan foto Asisten II Sekdaprov Jatim Fattah Yasin bersama beberapa orang termasuk mantan Gubernur Jatim Imam Utomo dan salah satu ASN di Biro Pemprov Jatim yang diduga menunjukkan dukungan ke paslon Gus Ipul-Puti di Pilgub Jatim. (Setya/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahok Menohok

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER