close

Sebelum Mencoblos, Emil dan Arumi Ziarah ke Makam Keluarga

TRENGGALEK, SERUJI.CO.ID – Cawagub Emil Elestianto Dardak dan istrinya Arumi Bachsin melakukan ritual sungkeman ke orang tua dan ziarah makam keluarga eyangnya sebelum menggunakan hak pilih “mencoblos” di tempat pemungutan suara (TPS) 06, Kelurahan Ngantru, Trenggalek, Jawa Timur, Rabu (27/6).

Kompak mengenakan setelan hitam putih, Emil yang masih menjabat sebagai Bupati Trenggalek ini mengawali rangkaian kegiatan menjelang coblosan dengan meminta restu ke kedua orang tuanya, Hermanto Dardak dan Sri Widayanti juga sang paman yang setia mendampingi, Zainal Abidin.

Kegiatan sungkeman dilakukan di rumah keluarga di jalan Wachid Hasyim No. 10, Kelurahan Ngantru, Trenggalek sebelum dilanjutkan dengan berziarah ke makam eyang dan buyut Emil di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Setono Bagong, Kelurahan Ngantru.

“Sebelum saya melakuan pencoblosan, terlebih dahulu saya ziarah ke makam eyang sebagai ritual memohon restu,” kata Emil dikonfirmasi di sela kegiatan jelang coblosan.


Di lokasi makam kakeknya Mochammad Dardak dan eyang putri serta buyut, Emil melakukan ritual tabur bunga dan berdoa.

“Sudah menjadi tradisi sejak dahulu bahwa saya selalu sungkem sebelum berangkat (pencoblosan). Ketika pilkada lalu, saya juga sungkem sebelum berangkat,” ucap Emil Dardak.

Turut serta dalam acara ziarah itu kedua orang tuanya, Hermanto Dardak dan ibu, Sri Widayanti serta sang paman Zainal Abidin yang membantu memimpin doa.

“Saya berdoa di makam eyang saya, karena beliau juga mempunyai nilai sejarah pembangunan di Trenggalek, eyang saya termasuk pendiri Masjid Agung Trenggalek, dan menjadi imam masjid kala itu,” ungkap Emil Dardak.

Kemudian, setelah ziarah makam usai, Emil Dardak kembali ke rumahnya yang berada di jalan Wahid Hasim kabupaten Trenggalek, Jawa Timur untuk menerima tamu dari perwakilan KPPS Ngantru.

Emil dan istri, Arumi Bachsin sebelumnya terdaftar di TPS 03 Kelurahan Surondakan, Trenggalek.

Namun, menjelang coblosan Emil memilih pindah lokasi penyaluran hak suaranya bersama sang istri di TPS 05 Kelurahan Ngantru.

“Saya putuskan untuk pindah lokasi coblosan karena kami berangkat dari rumah keluarga di jalan Wachid Hasyim, Kelurahan Ngantru. Kalau kemarin kan terdaftarnya karena saya tercatat tinggal di rumah dinas (bupati). Tapi saya pikir akan lebih afdol jika saya berangkat dari rumah keluarga eyang di sini daripada dari rumah dinas. Supaya tetap netral ya,” tutur Emil. (Ant/Su02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER