Prabowo-Sandi Gelar Simulasi Debat Capres Bersama Para Ahli

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menggelar simulasi debat bersama para ahli atau pakar di bidangnya menjelang debat capres pada Kamis (17/1) malam.

“Kami menggelar simulasi di Kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta dan sebelumnya (Selasa, red) berdiskusi di Hambalang, Bogor bersama para tokoh dan ahli,” kata Dahnil di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta, Rabu (16/1) malam.

Dahnil mengatakan para ahli yang hadir dalam simulasi tersebut antara lain mantan Ketua KPK Busyro Muqqodas, mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai dan Hafidz Abbas, mantan Menteri ESDM Sudirman Said, dan anggota Komisi III DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Dalam simulasi tersebut, kata Dahnil, Prabowo-Sandi lebih banyak menerima masukan terkait isu-isu yang akan diangkat dalam debat tersebut seperti Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

“Prabowo-Sandi tidak sediakan waktu khusus membicarakan tentang penampilan seperti ‘gimmick’ harus seperti apa karena kami tidak punya konsultan seperti itu. Berbeda dengan Jokowi-KH Ma’ruf ada Tina Talisa sebagai konsultannya,” ujarnya.

Baca juga: Debat Capres, Jokowi-KH Ma’ruf Akan Kenakan Pakaian Merakyat

Dahnil menampik kalau ahli yang dilibatkan dalam diskusi dan simulasi tidak ada berlatar belakang pengetahuan terorisme. Ia lalu mencontohkan Busyro memiliki riset tentang terorisme, Hafidz Abbad dan dirinya juga banyak terlibat dalam masalah terorisme.

Selain itu, Dahnil menjelaskan dalam simulasi tersebut dilakukan dengan menjadikan dirinya sebagai moderator debat lalu Prabowo dan Sandi menjawab pertanyaan sehingga lebih pada konten debat.

“Pertanyaan yang diberikan KPU sebanyak 20 merupakan abstraksi bagi kami karena hanya empat pertanyaan yang keluar terkait isu masing-masing,” jelasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan debat kandidat perdana Pilpres 2019 yang diikuti kedua pasangan capres-cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1) malam.

Baca juga: Inilah Jadwal Lengkap Debat Capres-Cawapres Pilpres 2019

Tema yang diangkat dalam debat perdana tersebut adalah Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Panelis dalam debat tersebut berjumlah enam orang yaitu Prof Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum UI), Prof Bagir Manan (mantan Ketua MA), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (Ahli Tata Negara), Margarito Kamis (Ahli Tata Negara), dan Agus Rahardjo (Ketua KPK). (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER