Poros Tengah Bisa Jadi Penentu Pemenang di Pilgub Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Keberadaan partai politik (parpol) poros tengah bakal berperan penting pada Pilgub Jawa Timur 2018. Untuk saat ini baru ada dua poros yang bakal bertarung, yakni dua kader terbaik NU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa.

“Saya melihat partai poros tengah itu sulit untuk menang, tapi poros tengah ini bakal menjadi penentu siapa kandidat yang bakal menang,” kata pengamat politik dari Unair Surabaya, Suko Widodo, dalam diskusi bertema “Perang Paregreg di Pilgub Jatim”, di Surabaya, Jumat (17/11).

Parpol poros tengah terdiri dari Gerindra (13 kursi), PAN (7 kursi), dan PKS (6 kursi). Total ada 26 kursi atau melebihi syarat minimum untuk mengusung kandidat sendiri, yakni 20 kursi.

Namun, ketiga parpol tersebut sampai saat ini belum memiliki jagoan untuk diusung. Itu artinya, parpol poros tengah kecil kemungkinan untuk memenangkan Pilgub Jatim.

“Memunculkan calon alternatif tidak mudah, apalagi figur baru. Nah ini butuh waktu untuk bisa mengimbangi dua kandidat yang sudah ada,” katanya.

Semetara pengamat politik dari Unitomo, Redi Panuju, memandang perlu adanya parpol poros tengah.

“Apakah dengan didominasi NU lalu politik Jatim akan monoton atau tidak. Gerindra, PAN, dan PKS ini seharusnya pede dengan Poros Emas yang mereka gagas untuk kepentingan pluralisme. Kalau menyerah dan ikut arus, berarti dari segi perspektif politik Jatim bakal monoton,” pungkas Redi. (Amal/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo dan Ratu Adil

Orang-orang besar selalu hidup dengan gagasan besar. Dalam melihat kebesaran Prabowo, tentu saja kita bisa mengamati beberapa pikiran, sikap dan langkahnya beberapa waktu terakhir ini. Diantaranya adalah pertama, Anti Impor.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER