Pilkada Jatim Kembali “Perang Bintang” Ijo Abang

SURABAYA-  Setelah kader Partai Demokrat, Dr. Soekarwo (Pakde Karwo) memimpin Jawa Timur dua periode,  diperkirakan yang akan melaju kencang di Pilkada Jatim 2018, bukan lagi kader biru (Demokrat), tetapi kader Ijo (hijau) dan abang (merah).  Kalaupun kader biru (demokrat) maju, hanya menjadi penyeimbang atau memberi kekuatan kepada “perang bintang” ini.

Analisis itu disampaikan Slamet Hariyanto, MH, analis politik dan praktisi hukum saat dialog dengan SERUJI, Senin (20/2) pagi. Ia menyebut tiga nama, Wakil Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.
“Gus Ipul dan Khofifah adalah representasi hijau, sedang Risma, adalah wakil merah. Orang boleh menyebut Islam dan Nasionalis sudah melebur. Tetapi di Jawa Timur, membacanya harus berbeda. Akar rumput NU yang kuat, dan jajaran nasional PDI Perjuangan, sama-sama punya posisi kuat,“tegas pengurus Muhammadiyah ini.

Slamet menyebut, setahun ini memang banyak nama bermunculan, sepeti Halim Iskandar (Ketua DPRD Jatim dan Ketua DPW PKB),  Hasan Aminuddin (Anggota DPR RI Nasdem), Anas (Bupati Banyuwangi), Eddy Rumpoko (Walikota Batu)  dan beberapa nama lain, namun itu masih belum mampu menggeser tiga nama besar yang sudah punya jam terbang tinggi.

“Mungkin nama-nama itu akan menjadi Wagub. Tetapi untuk ikut masuk menjadi ‘peserta’ perang bintang belumlah mampu,” tambahnya. “Tiim Gus Ipul sudah jalan, Khofifah dengan Muslimatnya juga sudah jalan, Risma tim PDI-P satu komando dengan DPP.”

Ditanya kemungkinan Agus sang putra SBY, Slamet menyebut masih jauh dari cukup untuk bisa masuk Jatim. Kalau ada nama baru diantara 3 calon yang sudah ada, saya kira bukan Agus. Apalagi AHY setelah gagal di DKI, terlalu berlebihan kalau dipaksakan di Jawa Timur.”

EDITOR : Yus Arza

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Soal Publikasi Reuni 212: Kebebasan Pers di Era Media Sosial

Reuni 212 jelas peristiwa besar, jika dilihat banyaknya massa yang berkumpul. Ia juga jelas peristiwa besar jika dilihat dari tertib dan disiplin massa itu. Namun jelas pula Reuni 212 bukan peristiwa netral.

Potret Pengelolaan BUMN: Prinsip GCG vs Managemen “Koncoisme”

Fenomena pengelolaan BUMN dan BUMD yang tidak mengindahkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip GCG sangat potensial membawa kerugian dan kebangkrutan terhadap perusahaan BUMN dan BUMD yang bersangkutan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.