Gus Ipul: Tunggu Hasil Penghitungan KPU Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno memilih menunggu hasil penghitungan manual oleh KPU Provinsi Jatim.

“Kami masih menunggu hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU, mulai tingkat TPS hingga provinsi,” kata Gus Ipul kepada wartawan di kediamannya, kawasan Gayungan Surabaya, Rabu (27/6).

Cagub yang juga Wagub Jatim itu mengimbau pendukung, simpatisan, kader partai politik, maupun masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti proses hingga tuntas.

Kendati demikian, dia mengaku menghormati dan menghargai hasil penghitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga dan memublikasikannya di televisi maupun media massa lainnya.

“Mencermati hasil yang telah dirilis dari penghitungan cepat, kami sangat menghormati dan menghargainya,” ucapnya.

Mantan Ketua Umum GP Ansor itu juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan rakyat Jawa Timur yang telah menggunakan hak suaranya di TPS.

Selain itu, dia dan Mbak Puti akan terus mencermati laporan-laporan dari tim yang ada di lapangan untuk dikumpulkan. Setelah itu, dianalisis dan hasilnya disampaikan ke publik dalam beberapa waktu ke depan.

Di tempat sama, Cawagub Jatim Puti Guntur Soekarno menyampaikan hal serupa dan berharap kader maupun simpatisan tetap tenang sembari menunggu hasil penghitungan manual oleh KPU Provinsi Jatim.

“Semuanya untuk tetap semangat dan menunggu hasil penghitungan manual KPU Provinsi Jatim,” kata cucu Bung Karno tersebut.

Sementara itu, berdasarkan hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny J.A., pasangan Khofifah Indar Parawansa/Emil Listianto Dardak memenangi Pilgub Jatim 2018.

“Perbedaan persentase perolehan suara antara Khofifah/Emil dan Saifullah Yusuf/Puti Guntur Soekarno hanya 6 persen. Maka, Khofifah/Emil menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim berdasarkan hitung cepat LSI Denny J.A.,” kata peneliti LSI Denny J.A. Mohammad Khotib di Jakarta.

Berdasarkan persentase data sementara yang masuk pada hari Rabu (27/6) pukul 16.05 WIB, pasangan Khofifah/Emil memperoleh 54,14 persen suara atau unggul dari lawannya, pasangan Gus Ipul/Puti Guntur Sukarno yang memperoleh 45,86 persen suara.

Dari data hitung cepat LSI Denny J.A. hingga pukul 16.06 WIB, data yang masuk dalam Pilgub Jatim sebesar 96,50 persen dengan tingkat partisipasi pemilih atau voter turnout (VTO) sebanyak 65,03 persen, dengan “margin of error” sebesar 1 persen.

Namun, dia menegaskan bahwa pemenang Pilgub Jatim akan merujuk hasil perhitungan atau rekapitulasi KPU setempat. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Disabilitas Mental dan Pemilu

Ketika Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa KPU mendata pemilih penyandang disabilitas mental atau sakit jiwa, muncul pertanyaan penderita penyakit jiwa mana yang diberikan hak untuk memilih?

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.