Dapat Bocoran Pertanyaan Sebelum Debat, TKN Jokowi Apresiasi KPU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma’ruf Amin, menyambut baik kebijakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang mengirimkan terlebih dahulu sejumlah daftar pertanyaan kepada capres-cawapres, sebelum Debat Capres berlangsung.

Hal itu disampikan Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto menanggapi model pertanyaan terbuka yang menjadi kebijakan KPU dalam Debat Capres. Selain juga ada model pertanyaan tertutup yang nanti langsung disampaikan paslon ke paslon lainnya.

“Dengan (cara) itu kami ingin berikan program yang jelas. Berikan skala prioritas ke depan,” kata Hasto kepada wartawan di Jakarta, Ahad (6/1).

Menurut Hasto model pertanyaan terbuka dengan terlebih dahulu dikirim daftar pertanyaan sebelum debat, akan mendorong capres-cawapres memperjelas penyampaian pandangannya terkait permasalahan yang ditanyakan.

Sisi lain, lanjut Hasto, seorang pemimpin tidak hanya dinilai bagaimana cara menjawab pertanyaan dalam debat, tapi juga karakter positifi di depan publik.

“Pemimpin bukan hanya (bisa) jawab pemetaan (pertanyaan), tapi karakter. Dengan karakter yang baik, turun bersama rakyat, itu jadi modal utama pak Jokowi dan KH Ma’ruf,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, KPU akan mengirimkan daftar pertanyaan panelis kepada paslon, sepekan sebelum acara Debat Capres dimulai pada 17 Januari 2019.

“Ditargetkan tanggal 10 lah, pertanyaan dikirim, seminggu sebelum pelaksanaan debat,” kata Ketua KPU, Arief Budiman kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (5/1).

Daftar pertanyaan akan dibuat oleh panelis, yang disusun secara singkat. Dengan cara itu, kata Arief, peserta akan memiliki banyak waktu untuk mempelajari pertanyaan. (ARif R)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo, Jokowi dan Massa

Bila peristiwa 212 yang penuh makna direvisi pada versi pengkerdilan, sebuah perubahan sosial yang akan terjadi setelahnya sulit diprediksi. Itu seperti terjadi beberapa waktu sebelum keruntuhan rezim Suharto dua dekade lalu.

Olahraga Bagi Penyandang Stroke

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID -...

Israel Kembali Serang Gaza, 10 Tewas

SERUJI.CO.ID - Tentara pendudukan Israel telah melakukan beberapa serangan...

Inilah 4 Jenis Nazhir: Anda Masuk Kategori Manakah?

Oleh: Imam Nur Azis Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI) 2017-2020 SERUJI.CO.ID...

Janganlah Menyebut Nama Rasulullah Muhammad SAW Tanpa Gelar

SERUJI.CO.ID - Memanggil Rasulullah Muhammad sholallahu 'alaihi wassallam (SAW)...

Menua: Agar Otak Tak Ikut Beruban

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. Dalam perjalanan...

Ngotot Pertahankan Mardani Maming sebagai Bendum, Kantor PBNU Bisa Diperiksa KPK

Dengan tidak menonaktifkan, mau tak mau PBNU terkait dengan Mardani yg saat ini buron. Maka jangan salahkan KPK jika nanti dalam proses pencarian Mardani akan memeriksa kantor PBNU.

TERPOPULER

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Segarkan Wajah dengan A I U E O