Kurangi Angka Pengangguran, Mahasiswa di Kampus Ini Diajak Berwirausaha

0
93
Usaha kuliner
Usaha kuliner yang dijalankan mahasiswa di lingkungan kampus. (Foto: Mica/SERUJI)

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Berwirausaha menjadi pilihan untuk mengurangi angka pengangguran terutama di kalangan lulusan perguruan tinggi. Karena itu jiwa wirausaha di lingkup mahasiswa harus ditumbuhkan sejak dini agar menjadi bekal bagi mereka di kemudian hari sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan.

“Kita berprinsip bagaimana mahasiswa diajari dan didorong agar berwirausaha. Kita ingin agar mereka nantinya setelah lulus kuliah bisa eksis di masyarakat,” kata Staff UKM Center Universitas Panca Budi Medan, Erwin Radityo SH, Mkn, Sabtu (16/12).

Menurut Erwin, dibentuknya UKM Center menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk bisa berkreatifitas dan belajar berwirausaha sehingga nantinya bisa terjun di tengah-tengah masyarakat. Di UKM Center ini ada 50 orang mahasiswa yang bergabung dan berwirausaha.

“Semua usaha, dijalankan oleh mahasiswa semua. Kami sebagai dosen membuat pelatihan, penyediaan tempat hingga bantuan modal. Tapi kalau berkaitan dengan modal lebih besar, kita ada PT yang dibentuk rektor untuk memfasilitasi dan membantu mahasiswa menjalankan usahanya,” pungkas dosen mata kuliah Hukum Perdata itu.

Erwin menyebutkan, mahasiswa yang tergabung di UKM Center membuka beberapa usaha seperti kuliner, pengerjaan instalasi, listrik, desain grafis, event organizer, outbound, hingga membuka studio foto.

Meski aktifitas wirausaha yang digeluti mahasiswanya cukup padat, tentunya kegiatan mereka tidak boleh  menggangu kuliah.

“Semua usaha itu dikelola oleh mahasiswa kami. Bahkan pemakai kami hingga Pemko Binjai. Misalnya untuk bisnis kuliner di dalam kampus, mereka jualannya bergantian. Jadi harus bisa ngatur waktu dan jangan sampai mengganggu kuliah. Kita juga beri harga miring untuk mahasiswa dengan hanya menunjukkan kartu mahasiswa mereka,” ucapnya.

Erwin berharap, dengan adanya UKM Center, mahasiswa mereka memiliki bekal jika nanti lulus dan terjun di masyarakat. Pembinaan di UKM Center untuk memacu minat mahasiswa berwirausaha agar nantinya lulusan Panca Budi bisa melanjutkan usaha itu sebagai alternatif pekerjaan.

“Ini bentuk tanggungjawab kita ke alumni. Tujuannya hanya satu, bagaimana alumni kami tidak banyak yang menganggur. Kalau pun mereka tidak diterima di perusahaan, mereka bisa berwirausaha sendiri. Jadi ini juga mendidik agar mereka tidak terpaku hanya menjadi pencari kerja bila telah lulus kuliah. Dengan terjun di dunia usaha, mereka juga membuka lapangan pekerjaan,” bebernya. (Mica/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Wapres Minta Menag Revisi 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk merevisi daftar pendakwah yang direkomendasikan karena sebelumnya dikeluarkan Kemenag hanya...

Banyuwangi Masuk Kota Cerdas ASEAN

BANYUWANGI, SERUJI.CO.ID - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bersama dengan Jakarta dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masuk dalam jaringan Kota Cerdas ASEAN atau ASEAN Smart...

Korban Tewas Jatuhnya Pesawat di Kuba Jadi 111 Orang

HAVANA, SERUJI.CO.ID - Jumlah korban tewas pada salah satu bencana udara terburuk di Kuba meningkat menjadi 111 pada Senin (21/5), sementara Meksiko menangguhkan kegiatan...
ekonomi syariah

MUI Dukung 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin mendukung langkah Kementerian Agama yang merilis daftar nama mubaligh karena sifatnya untuk pencegahan terhadap...
Siswa SMA/MAN

Jawa Timur Jalin Kerja Sama Pendidikan dengan Korsel

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Timur menjajaki kerja sama pendidikan dengan Korea Selatan setelah ada pertemuan kepala sekolah SMA/SMK se-Surabaya dengan sebuah konsultan...