Bersama Startup Delivery, Ratusan UMKM di Daerah Ini Berkembang Pesat Saat Pandemi

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Saat dirumahkan tanpa dibayar atau unpaid leave karena pandemi Covid-19, karyawan retail di Bali membangun startup layanan jasa antar (delivery) dengan mengusung konsep delivery eco friendly.

Agus Suhendar, pada awal Juni 2020, yang saat itu merupakan karyawan unpaid leave sebuah perusahaan retail di Bali, menginisiasi usaha jasa kurir (delivery services) dengan ongkos kirim murah.

Awalnya, ungkap Agus, usaha ini dibuka karena banyak karyawan unpaid leave saat pandemi Covid justru menjadi pengusaha UMKM yang berjualan secara daring di rumah.

“Saya melihat ini sebagai peluang untuk membangun jasa kirim dengan ongkos kirim yang ekonomis karena mereka butuh biaya ongkir murah untuk kirim ke pembeli,” papar Agus kepada SERUJI lewat telepon saat dihubungi Selasa (18/8).

Agus mengusung brand MYPIN yang beroperasi secara daring untuk membantu para pengusaha UMKM tersebut dalam menjual produknya.

Yang menjadi daya tarik adalah ongkos yang ditetapkan cukup murah, hanya Rp1.250 per-kilometer. Dengan ongkos yang murah tersebut, menurut Agus, cukup membantu pertumbuhan penjualan online UMKM di Bali.

Saat ini, Agus telah memiliki sekitar 300 pelanggan dari UMKM yang tersebar di area Badung, Jimbaran, Nusa Dua, Denpasar, Tabanan, dan Gianyar.

Pertumbuhan penjualan secara daring UMKM memang sangat dipengaruhi oleh besarnya ongkos kirim. Dengan adanya ongkir ekonomis, pertumbuhan penjualan ratusan UMKM di Bali berkembang cukup signifikan.

Selain itu, ungkap Agus, seluruh armada MYPIN menggunakan BBM ramah lingkungan.

“MYPIN mengusung konsep Eco Delivery karena selain ongkir yang ekonomis, seluruh armada kami menggunakan BBM ramah linkungan (Eco Friendly),” katanya.

Pertumbuhan UMKM terlihat sejak banyak karyawan di Bali yang dirumahkan akibat pendemi Covid-10. Mereka yang awalnya bekerja di hotel, restoran, travel agent, dan tempat wisata, harus menerima kenyataan untuk dirumahkan tanpa dibayar.

Agus berharap, krisis saat pandemi ini justru dapat melahirkan pengusaha-pengusaha UMKM baru. Saat ini usaha jasa kurir MYPIN yang Agus bentuk memiliki 10 mitra yang juga karyawan yang dirumahkan dengan menyandang status Unpaid Leave.

“Kita semua berdoa agar pandemi ini segera selesai dan Bali kembali menjadi tempat destinasi yang banyak diminati. Semoga akan banyak pengusaha UMKM baru yang nantinya dapat membuka lapangan pekerjaan,” tukas Agus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik Yang Manusiawi

Pertanyaannya mengapa hasil Islamicity Index berdasarkan arahan kitab suci Alquran hasilnya tak banyak beda dengan World Happiness Index. Pada dasarnya nilai terbaik dari agama Islam, sebagaimana agama lain, jika diuniversalkan, itu sama dengan aneka nilai manusiawi yang dirumuskan oleh peradaban mutakhir. Nilai yang Islami itu ternyata juga nilai yang manusiawi. Itulah ruang publik yang universal yang bisa dinikmati semua manusia, apapun agama dan keyakinannya.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy