Kepengurusan Koperasi Saudagar Minang Dikukuhkan Langsung Menteri Koperasi

JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga meresmikan sekaligus mengukuhkan kepengurusan Koperasi Saudagar Minang Raya pada saat berlangsungnya Festival Kampoeng Minangkabau 2017 di Lapangan Banteng, Jakarta pada hari Jumat 28 April 2017.

Puspayoga mengapresiasi kehadiran Koperasi Saudagar Minang Raya sebagai wujud nyata bagi terciptanya pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya masyarakat di Sumatera Barat.

“Pendirian Koperasi SMR memang harus dilakukan, karena Bapak Koperasi Bung Hatta berasal dari Tanah Minang”, kata Puspayoga sebagaimana dilansir Humas Kemenkop UKM.

Di acara yang juga dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Datoek Intan Bano, Puspayoga mengatakan, pertumbuhan ekonomi harus bisa memberikan pemerataan kesejahteraan. Kalau kemiskinan dan gini rasio masih tinggi, artinya pertumbuhan ekonomi hanya dinikmati oleh segelintir orang saja.

“Untuk pemerataan kesejahteraan, tidak ada jalan lain selain dengan koperasi. Karena, di dalam koperasi banyak UKM yang menjadi anggotanya. Jadi, pembentukan Koperasi SMR ini sebagai langkah strategis”, kata Menkop.

Puspayoga juga mengingatkan bahwa saat ini tidak perlu memiliki banyak koperasi. Yang harus ditingkatkan adalah jumlah anggota koperasi.

“Membangun koperasi berkualitas merupakan tujuan utama dari program reformasi koperasi yang sudah kita gulirkan. Kita sudah membubarkan 43 koperasi tidak aktif. Sisanya yang 150 ribu koperasi, separuhnya sedang kita bina untuk disehatkan dengan melakukan RAT. Kalau tidak sehat juga, maka koperasi itu akan kita bubarkan, dikeluarkan dari database kita”, tandas Puspayoga.

Sementara itu, Ketua Koperasi SMR Prof Fashbir Noorsidin mengatakan, Koperasi SMR merupakan wadah pemersatu para saudagar Minang dalam satu gerakan untuk kemajuan ranah dan rantau.

“Koperasi ini merupakan sinergi kalangan akademisi dan praktisi dengan ratusan pengusaha asal Minang. Koperasi SMR juga diharapkan dapat memberi solusi dan menjembatani dengan menghimpun para pelaku usaha dari berbagai sektor dan skala usaha”, ujar Fashbir.

Selain itu, lanjut Fashbir, Koperasi SMR diharapkan mampu membesarkan skala dan menggandakan usaha sebagai jalan untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat pada umumnya.

“Tak lama lagi, kita akan mendirikan pusat perkulakan bernama GORO SMR yang akan ada di seluruh Indonesia. Ini merupakan hasil positif dari sinergi para saudagar Minang yang tergabung dalam Koperasi SMR”, pungkas dia.

 

EDITOR: Efka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah dan Ruang Publik Inkusif

Saya sendiri berpendapat bahwa dasar negara Republik Indonesia Pancasila sudah sangat memadai sebagai kesepakatan bersama menuju tatanan bernegara yang demokratik sekaligus mewadahi religiusitas inklusif dari segenap warga negara Indonesia termasuk didalamnya mayoritas ummat Islam.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.