Kepengurusan Koperasi Saudagar Minang Dikukuhkan Langsung Menteri Koperasi

0
244
Menteri Koperasi AAGN Puspayoga memberikan sambutan peresmian koperasi Saudagar Minang Raya di Jakarta. (foto:humas Kemenkop)

JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga meresmikan sekaligus mengukuhkan kepengurusan Koperasi Saudagar Minang Raya pada saat berlangsungnya Festival Kampoeng Minangkabau 2017 di Lapangan Banteng, Jakarta pada hari Jumat 28 April 2017.

Puspayoga mengapresiasi kehadiran Koperasi Saudagar Minang Raya sebagai wujud nyata bagi terciptanya pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya masyarakat di Sumatera Barat.

“Pendirian Koperasi SMR memang harus dilakukan, karena Bapak Koperasi Bung Hatta berasal dari Tanah Minang”, kata Puspayoga sebagaimana dilansir Humas Kemenkop UKM.

Di acara yang juga dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Datoek Intan Bano, Puspayoga mengatakan, pertumbuhan ekonomi harus bisa memberikan pemerataan kesejahteraan. Kalau kemiskinan dan gini rasio masih tinggi, artinya pertumbuhan ekonomi hanya dinikmati oleh segelintir orang saja.

“Untuk pemerataan kesejahteraan, tidak ada jalan lain selain dengan koperasi. Karena, di dalam koperasi banyak UKM yang menjadi anggotanya. Jadi, pembentukan Koperasi SMR ini sebagai langkah strategis”, kata Menkop.

Puspayoga juga mengingatkan bahwa saat ini tidak perlu memiliki banyak koperasi. Yang harus ditingkatkan adalah jumlah anggota koperasi.

“Membangun koperasi berkualitas merupakan tujuan utama dari program reformasi koperasi yang sudah kita gulirkan. Kita sudah membubarkan 43 koperasi tidak aktif. Sisanya yang 150 ribu koperasi, separuhnya sedang kita bina untuk disehatkan dengan melakukan RAT. Kalau tidak sehat juga, maka koperasi itu akan kita bubarkan, dikeluarkan dari database kita”, tandas Puspayoga.

Sementara itu, Ketua Koperasi SMR Prof Fashbir Noorsidin mengatakan, Koperasi SMR merupakan wadah pemersatu para saudagar Minang dalam satu gerakan untuk kemajuan ranah dan rantau.

“Koperasi ini merupakan sinergi kalangan akademisi dan praktisi dengan ratusan pengusaha asal Minang. Koperasi SMR juga diharapkan dapat memberi solusi dan menjembatani dengan menghimpun para pelaku usaha dari berbagai sektor dan skala usaha”, ujar Fashbir.

Selain itu, lanjut Fashbir, Koperasi SMR diharapkan mampu membesarkan skala dan menggandakan usaha sebagai jalan untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat pada umumnya.

“Tak lama lagi, kita akan mendirikan pusat perkulakan bernama GORO SMR yang akan ada di seluruh Indonesia. Ini merupakan hasil positif dari sinergi para saudagar Minang yang tergabung dalam Koperasi SMR”, pungkas dia.

 

EDITOR: Efka

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

difteri yaman

32 Orang Tewas Diduga Terserang Difteri di Yaman

SANA'A, SERUJI.CO.ID - Kementerian Kesehatan yang dikuasai gerilyawan Syiah Yaman Al-Houthi pada Senin (11/12) mengatakan 32 orang telah meninggal akibat penyakit yang diduga adalah...

Yogyakarta Terima Penghargaan Kota Cerdas Indonesia 2017

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Walikota Yogyakarta, Drs Haryadi Suyuti menerima penghargaan atas capaian prestasi yang diraih Kota Yogyakarta dalam Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017...
Imunisasi

KLB Difteri, Menkes Minta Kesadaran Kelompok Masyarakat Antivaksin

JAKARTA, SERUJI.CO.ID  - Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta kesadaran akan pentingnya imunisasi kepada kelompok masyarakat yang masih menolak imunisasi atau antivaksin menyusul adanya Kejadian...

KANAL WARGA TERBARU

Point Blur_Dec122017_090245

Empat Tahun Bocah Ini Berjuang Dengan Penyakitnya

Kotawaringin Barat - Diky Supratman (16) anak dari pasangan Mustofa dan Marni jl. Ahamd Yani gg. Baning RT 29 Kelurahan Baru Arut Selatan Kotawaringin...
perbedaan-fasilitas-bpjs-kesehatan-kelas-1-2-3

NIK Bermasalah di Sistem BPJS, Bagaimana Mengatasinya?

Nomor KTP atau resminya Nomor Induk Kependudukan (NIK) atas nama seorang pasien bernama Suratini ditemukan bermasalah oleh petugas pendaftaran RS UGM, Ahad (10/12) siang....
KH. Luthfi Bashori

Perintah Bernahi Munkar

Membiarkan kemunkaran terjad di depan mata, adalah perbuatan tercela. Muslim yang baik adalah muslim yang peduli terhadap kemashlahatan lingkunganya, sekira jika terjadi kemaksiatan di...