Walau Tidak Terdaftar di DPT Warga Tetap Dapat Memilih, Begini Syaratnya

GUNUNGSITOLI, SERUJI.CO.ID – Sesuai dengan peraturan yang ada, bagi warga yang belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) tetap diperkenankan memberikan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pencoblosan, 17 April 2019.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Gunungsitoli mengatakan warga tetap dapat memilih di TPS yang sesuai dengan alamat domisili atau tempat tinggal dalam kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

“Jika tidak terdaftar di DPT, masih bisa memberikan hak pilih di TPS dengan membawa kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) atau surat keterangan (Suket) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan,” kata Komisioner KPU Kota Gunungsitoli Yuliman Berkat Harefa di Gunungsitoli, Rabu (13/2).

Ketegori Pemilih Pemilu 2019: DPT, DPK, DPTb

DPT, DPK, DPTb
Daftar Pemilih Tetap (ilustrasi)

Ia mengatakan warga yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT), tetapi memberikan hak pilih dengan membawa KTP-e atau Suket dan akan dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). Sedangkan warga yang pindah tempat pemilihan karena sesuatu hal atau akibat melaksanakan tugas akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“Kita imbau warga yang belum terdaftar di DPT atau pindah memilih secepatnya melapor kepada PPS atau PPK jauh hari sebelum hari pemilihan untuk didaftarkan dalam pada DPK atau DPTB untuk meminimalkan kekurangan surat suara,” ujarnya.

Pemilih Gunakan KTP-el Harus di TPS Sesuai Alamat di KTP-el

KTP-el
Ilustrasi KTP Elektronik

Sebelumnya, Ketua KPU setempat Firman Gea mengatakan pada tanggal 18 Maret 2019 jumlah pemilih dalam DPT, DPK dan DPTb sudah harus dipastikan, agar surat suara cukup pada saat pemilihan 17 April 2019.

Firman mengingatkan warga yang terdaftar dalam DPK hanya bisa memilih di TPS pada alamat yang tercantum dalam KTP-e atau suket warga tersebut.

Pemilih yang terdaftar dalam DPK atau DPTB hanya diperkenankankan memberikan hak pilih pada pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB dan warga yang sudah mendaftar setengah jam sebelum waktu pemilihan ditutup diperkenankan dilayani hingga pukul 14.00 WIB.

Editor:Hrn
Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah dan Ruang Publik Inkusif

Saya sendiri berpendapat bahwa dasar negara Republik Indonesia Pancasila sudah sangat memadai sebagai kesepakatan bersama menuju tatanan bernegara yang demokratik sekaligus mewadahi religiusitas inklusif dari segenap warga negara Indonesia termasuk didalamnya mayoritas ummat Islam.

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER