Tolak Rekomendasi Panwaslih Untuk Hitung Ulang, Begini Alasan KIP Aceh Besar

BANDA ACEH, SERUJI.CO.ID – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar menyatakan menolak rekomendasi panitia pengawas pemilihan atau panwaslih setempat terkait penghitungan ulang perolehan suara dan menunda rapat pleno rekapitulasi.

“Kami menolak rekomendasi Panwaslih Aceh Besar karena tidak mungkin lagi kami laksanakan. Rekomendasi hitung ulang di 15 dari 23 kecamatan di Aceh Besar,” kata Ketua KIP Aceh Besar Cut Agus di Jantho, Ahad (12/5).

Menurut Cut Agus, rekomendasi tersebut selain cacat hukum dan batal demi hukum, juga tahapannya sudah lewat. Penghitungan suara seharusnya sudah selesai di tingkat kecamatan.

“Sedangkan rapat pleno di tingkat kabupaten hanya merekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu. Jadi, tidak lagi membuka kotak suara dan menghitung ulang perolehan suara,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, rekomendasi Panwaslih Aceh Besar disampaikan pada 2 Mei 2019. Sedangkan KIP Aceh Besar sudah mengagendakan rapat pleno pada 2 Mei 2019.

“Kami sudah mengundang semua partai politik peserta pemilu serta pihak terkait lainnya untuk menghadiri rapat pleno. Jadi, rapat pleno tidak bisa kami tunda,” sebut Cut Agus.

Di awal rapat pleno berjalan tanpa kendala. Rekapitulasi pemilihan presiden, anggota DPD, anggota DPR RI, berjalan tanpa masalah. Masalah mulai timbul saat rekapitulasi suara pemilihan anggota DPR Aceh.

“Ada kesalahan input data di tingkat PPK. Hal ini dimaklumi kerja PPK yang lelah dan letih, sehingga ada kesalahan. Tapi ini sudah kami coba perbaiki,” ungkap Cut Agus.

Terkait belum tuntasnya rapat pleno KIP Aceh Besar, Cut Agus mengatakan hal itu tidak mengganggu rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat provinsi.

Rapat pleno tingkat provinsi untuk merekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan presiden, anggota DPD, anggota DPR RI, dan DPR Aceh.

“Rapat pleno provinsi tidak terganggu. Apa yang diinginkan provinsi sudah kami selesaikan dan bisa kami sampaikan para rapat pleno KIP Aceh,” pungkas Cut Agus.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Skyline Message

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER