Tolak Rekomendasi Panwaslih Untuk Hitung Ulang, Begini Alasan KIP Aceh Besar

BANDA ACEH, SERUJI.CO.ID – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar menyatakan menolak rekomendasi panitia pengawas pemilihan atau panwaslih setempat terkait penghitungan ulang perolehan suara dan menunda rapat pleno rekapitulasi.

“Kami menolak rekomendasi Panwaslih Aceh Besar karena tidak mungkin lagi kami laksanakan. Rekomendasi hitung ulang di 15 dari 23 kecamatan di Aceh Besar,” kata Ketua KIP Aceh Besar Cut Agus di Jantho, Ahad (12/5).

Menurut Cut Agus, rekomendasi tersebut selain cacat hukum dan batal demi hukum, juga tahapannya sudah lewat. Penghitungan suara seharusnya sudah selesai di tingkat kecamatan.

“Sedangkan rapat pleno di tingkat kabupaten hanya merekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu. Jadi, tidak lagi membuka kotak suara dan menghitung ulang perolehan suara,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, rekomendasi Panwaslih Aceh Besar disampaikan pada 2 Mei 2019. Sedangkan KIP Aceh Besar sudah mengagendakan rapat pleno pada 2 Mei 2019.

“Kami sudah mengundang semua partai politik peserta pemilu serta pihak terkait lainnya untuk menghadiri rapat pleno. Jadi, rapat pleno tidak bisa kami tunda,” sebut Cut Agus.

Di awal rapat pleno berjalan tanpa kendala. Rekapitulasi pemilihan presiden, anggota DPD, anggota DPR RI, berjalan tanpa masalah. Masalah mulai timbul saat rekapitulasi suara pemilihan anggota DPR Aceh.

“Ada kesalahan input data di tingkat PPK. Hal ini dimaklumi kerja PPK yang lelah dan letih, sehingga ada kesalahan. Tapi ini sudah kami coba perbaiki,” ungkap Cut Agus.

Terkait belum tuntasnya rapat pleno KIP Aceh Besar, Cut Agus mengatakan hal itu tidak mengganggu rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat provinsi.

Rapat pleno tingkat provinsi untuk merekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan presiden, anggota DPD, anggota DPR RI, dan DPR Aceh.

“Rapat pleno provinsi tidak terganggu. Apa yang diinginkan provinsi sudah kami selesaikan dan bisa kami sampaikan para rapat pleno KIP Aceh,” pungkas Cut Agus.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER