Stok Bahan Pokok di Sumut Aman Jelang Ramadhan

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Stok bahan pokok di Sumatera Utara menjelang Ramadan dipastikan aman. Masyarakat tidak perlu khawatir dan bisa melaksanakan ibadah hari besar dengan tenang.

“Ketersediaan bahan pokok dipastikan aman selama puasa dan lebaran nanti, karena stok cukup dan harga stabil,” ujar Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Plt Sekdaprovsu) Ibnu S Hutomo, dalam rapat kordinasi ketersediaan stok pangan menghadapi puasa dan lebaran di Sumut, Selasa (17/4).

Ia mengatakan tim dari Kementerian Perindustrian akan melakukan peninjauan di lapangan seperti mengunjungi Gudang Bulog dan mencari tahu apa kendala di lapangan.

“Serta mencari solusinya jika ada permasalahan. Kalau memang stok kurang, Kemendag siap memasok stok dari pusat dan jika distribusi bermasalah tim akan turun tangan untuk mengecek permasalahannya,” ucapnya.


Dikatakannya Pemprov Sumut akan melakukan antisipasi untuk menjaga agar harga dan stok atau pasokan barang kebutuhan pokok tetap stabil sehingga angka inflasi dapat dikendalikan.

“Pihak pelaku usaha industri dan distributor diharapkan membuat program ketersediaan barang pokok dan mengisi kebutuhan pasar,” tegasnya.

Tak hanya itu, pemerintah daerah diminta bekerjasama dengan satgas pangan agar melakukan pengamanan dan monitoring terhadap ketersediaan dan kelancaran arus distribusi logistik pada tingkat gudang maupun tingkat pedagang pasar.

BACA JUGA:  Pemko Langsa Salurkan Zakat Senif Ibnu Sabil Kepada Ribuan Siswa

“Apabila di lapangan terdapat hal-hal yang dianggap melanggar ketentuan yang berlaku, tentunya satgas pangan untuk tidak segan-segan dalam melakukan penyelidikan lebih lanjut,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan RI, Karianto Suprih memastikan ketersedian kebutuhan pokok khususnya di Sumut, menjelang puasa dan lebaran nantinya aman.

“Khusus untuk beras, pemerintah melalui Kementerian Perdanganan menugaskan kepada Bulog untuk menggelontorkan suplay beras itu sampai ke pedagang pasar. Jadi berapapun kebutuhan Bulog untuk di daerah akan kita penuhi. Karena memang beras menjadi perhatian kita,” tegasnya.

Begitu juga bahan kebutuhan pokok lainnya seperti daging beku impor harganya dipatok Rp8.000 per kg.

“Itu juga diwajibkan untuk ritel modern. Mereka diwajibkan menyediakan daging beku sehingga masyarakat bisa bebas memilih untuk belanja kebutuhan daging,” pungkasnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk gula yang sudah ditetapkan HET-nya yakni Rp12.500 dan minyak goreng curah Rp10.500/liter, minyak goreng kemasan Rp 11.000 /liter.

“Jadi pada prinsipnya Bulog tak boleh kekurangan stok barang dan kita ingatkan para pedagang tidak boleh ada yang menjual di atas harga HET kalau ditemukan kita sikat,” tegasnya. (Mica/Hrn)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Modernisasi di Sana Dimulai Dengan Pajak Untuk Pria Yang Berjenggot

Para pria dianjurkan tidak berjenggot. Bagi yang bersikeras tetap berjenggot, mereka dikenakan pajak, sesuai dengan status sosial dan profesi.. Lama saya terdiam mengenang tokoh yang begitu terobsesi membaratkan negaranya: Peter the Great. Soal jenggotpun, ia atur.

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing.

Terpilih Sebagai Ketua Kadin Surabaya, Ali Affandi: Tantangan ke Depan Sangat Komplek

Menurut putra pertama Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattaliti ini, tantangan Surabaya kedepan sangat komplek. Terlebih JP Morgan mengatakan bahwa pada tahun 2020 akan terjadi krisis global. Untuk itu, katanya, Surabaya harus menguatkan diri dan membentengi para pengusaha agar tetap berdaya dan berjaya.

Tegaskan NasDem Tidak Minta-Minta Jatah Menteri, Paloh: Jika Diperlukan Boleh

"Kami tidak pernah minta-minta menteri, tergantung presiden saja; diperlukan NasBem boleh, tidak diperlukan juga tidak apa-apa," kata Paloh

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Kongres V PDIP: Dihadapan Pimpinan Parpol, Mega Isyaratkan Puan Harus Jadi Ketua DPR RI

Mega mengisyaratkan kursi Ketua DPR RI akan diduduki oleh putrinya yang kini menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Soal Impor Rektor, KSP: Yang Dimaksud Adalah Berkualifikasi Internasional Bukan Harus Asing

Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Yanuar Nugroho menjelaskan, wacana pemerintah tersebut sebenarnya berkaitan dengan kualifikasinya berskala internasional, bukan soal kewarganegaraannya.

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Dewan Pers Ingatkan Media untuk Terus Kawal Janji Politik Yang Dilontarkan Pada Pemilu 2019

Menjelang Pemilu 2019 media sibuk membahas tentang persoalan pemilu, namun setelah pemilu media seakan-akan diam.

Nilai Tidak Etis Parpol Pengusung Prabowo Gabung Pemerintah, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara

Saat Pilpres 2019 saling rebut kekuasaan, lantas saat kalah bergabung ke yang menang. Tidak Etis. Kata pakar HKTN ini.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi