Peringati HKN, Gubernur: Utamakan Preventif Dibading Pengobatan

0
52
HKN
Kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) diikuti rangkaian cuci tangan pakai sabun (Foto: Mica/SERUJI)

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Stakeholder yang terlibat dalam pelayanan kesehatan juga diminta untuk menggaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Utamakan preventif, daripada pengobatan. Pengobatan juga perlu, untuk pemulihan saat sudah sakit. Tapi preventif sebelum datang sakit itu lebih penting,” kata Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi dalam perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53 di Pelataran Istana Maimun, Jum’at (15/12).

T Erry Nuradi menyebutkan perilaku hidup sehat untuk mencegah berbagai ancaman penyakit. Pelaksanaannya harus dimulai dari keluarga.

“Dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, berolahraga, mengonsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menjaga pola hidup sehat,” pesannya.

Karena itu, lanjut Erry, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), masyarakat didorong melakukan tindakan pencegahan dengan perilaku hidup bersih dan sehat dibanding pengobatan.

“Kita saling ingat mengingatkan, terutama yang bidang kesehatan mendorong masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Terus bergandeng tangan untuk pelayanan masyarakat Sumut,” harapnya.

Sementara, Kadinkes Sumut Agustama menyampaikan, pihaknya terus mendorong masyarakat untuk berperan aktif di bidang kesehatan dalam mewujudkan keluarga sehat dan tentunya mengkampanyekan Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat.

“Kami juga telah melaksanakan seminar kesehatan dengan tema seperti pada tema acara ini, ‘Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku’, 13 November lalu. Juga jambore kader posyandu dan gebyar cuci tangan pakai sabun. Kami harap masyarakat lebih sadar untuk menerapkan pola hidup sehat,” ucapnya. (Mica/SU02)

 

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama