Pemkab Bangka Belitung Bentuk Perda Khusus Adat

TANJUNGPANDAN, SERUJI.CO.ID – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan meminta pemerintah kabupaten/kota segera membentuk Perda Khusus tentang Adat Istiadat Perdukunan, agar pemerintah mudah membantu masyarakat melestarikan kebudayaan di daerah itu.

“Pemerintah kabupaten/kota harus mendukung adat istiadat masyarakat dalam melestarikan tradisi, karena ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah ini,” kata Erzaldi Rosman Djohan saat menghadiri tradisi masyarakat Belitung Maras Taun di Desa Lasar, Ahad (8/4).

Ia mengatakan tradisi Maras Taun merupakan acara adat yang besar dan patut dilestarikan melalui pembentukan perda khusus agar bantuan pemerintah yang disalurkan kepada masyarakat adat tidak menyalahi peraturan berlaku.

“Adat ini merupakan suatu kebanggaan dan sangat penting, kalau mau maju kita buat kegiatan dan kebijakan. Jangan abaikan adat istiadat kampung, pelihara agar berkesinambungan, karena dengan adat, karena keindahan alam tidak lengkap jika tidak diikuti dengan adat istiadat,” ujarnya.

Menurut dia dari tahun ke tahun pengunjung pelaksanaan tradisi Maras Taun ini meningkat dan memberi warna dengan mengundang turis.

“Saya sangat senang dan bangga, karena pada puncak maras taun yang digelar sekali dalam setahun ini disediakan 1.000 makanan bedulang menjadi simbol tradisi tersebut untuk menyambut tamu udangan, wisatawan serta masyarakat,” katanya.

Pjs Bupati Belitung, Suhirman menyatakan segera membuat Perda Khusus tentang Adat Istiadat Perdukunan, agar bantuan yang diberikan tidak menyalahi aturan.

“Mari kita tingkatkan persatuan, lestarikan budaya Belitung,” katanya.

Ketua Forum Persatuan Dukun Belitung dan Belitung Timur, Mukti Maharip menyatakan duduk bersila sambil makan bedulang tanpa membedakan derajat dan jabatan menjadi adat Belitung sejak lama.

“Ini seperti tidak sopan, harus duduk bersama, tetapi itulah adat budaya dan ciri khas masyarakat Belitung,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER