Longsor di Sitinjau Laut, Jalur Jalan Padang-Jambi Terputus

PADANG, SERUJI.CO.ID – Tanah longsor di Panorama Dua, Sitinjau Laut, mengakibatkan akses jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dengan Provinsi Jambi terputus pada Rabu (12/12/) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB.

“Material longsor dengan ketinggian dua meter itu menutup badan jalan sepanjang 30,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat E Rahman di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (12/12).

Satu unit mobil Toyota Avanza dilaporkan ikut terseret longsor, namun penumpangnya dapat menyelamatkan diri dan tidak ada korban jiwa.

Unit Tim Reaksi Cepat (TRC) Padang telah meninjau lokasi kejadian untuk melakukan pendataan dan pembersihan materil.

“Pusdalops Sumbar dan Kota Padang meminta bantuan alat berat ke (Dinas) PU (Pekerjaan Umum) Sumbar untuk bisa membantu pembersihan material longsor,” katanya.

Saat ini tim masih bekerja di lapangan dan berupaya agar secepatnya akses jalan lintas Sumatera itu kembali bisa dilalui.

Longsor yang menutupi badan jalan di Sitinjau Laut akibat tingginya curah hujan dua hari terakhir di Sumbar yang mengakibatkan kondisi tebing tanah menjadi labil.

Jalan lintas Sumatera yang melewati Kota Solok itu juga menjadi akses utama bagi masyarakat dari Pekanbaru menuju Padang, karena ruas jalan utama jalur itu juga terputus akibat jembatan ambruk dua hari lalu.

Akibatnya jalan lintas melalui Solok makin dipadati oleh kendaraan sehingga ratusan kendaraan terjebak macet.

Untuk sementara alternatif jalur Padang-Pekanbaru yang tersisa adalah melewati jalur Sicincin-Malalak atau melewati kelok 44 terus ke Pariaman dan Padang.

Namun, dua jalur itu melewati tebing-tebing yang cukup curam hingga juga rawan longsor saat hujan lebat.

“Kami mengimbau pengendara agar tetap menjaga kewaspadaan melewati jalur-jalur rawan longsor terutama saat hujan lebat,” pungkasnya. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER