Longsor di Aceh Selatan Rusak Infrastruktur Hingga Puluhan Miliar

BANDA ACEH, SERUJI.CO.ID – Kerusakan infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan fasilitas umum akibat banjir dan tanah longsor di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, mencapai miliaran rupiah.

“Kita perkirakan kerugian ditaksir puluhan miliar rupiah,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Selatan, Cut Syazalisma di Banda Aceh, Senin (26/3).

Ia merinci, kerusakan infrastruktur diantaranya seperti satu jembatan putus dihantam banjir di Desa Lawe Sawah, Kecamatan Kleut Timur.

Lalu satu jembatan yang merupakan akses utama masyarakat di Desa Panton Luas, Kecamatan Tapaktuan tidak bisa dilalui karena dihantam banjir dan longsor.

Ada dua jembatan roboh di Kecamatan Trumon Tengah, masing-masing terdapat di Desa Pulo Paya, dan Desa Krueng Batee.

Banjir juga menghantam satu jembatan rusak, dan badan jalan tertimbun longsor sekitar 120 meter di dua titik terjadi di Desa Lubuk Ayu, Kecamatan Samadua.

“Belum lagi tanggul jebol 50 meter di Madat. Bangunan tempat wudhu, dan abutmen (bangunan bawah) jembatan di Alur Semerah, Samadua dalam kondisi rusak,” jelas dia.

Seperti diketahui, pada Selasa, (20/3), telah terjadi hujan deras yang berlangsung sepuluh jam lebih atau mulai pukul 14.30 WIB hingga 24.00 WIB yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor di Aceh Selatan.

“Tapi pekan lalu, kita bersama warga telah memasang dua jembatan darurat di dua titik. Yakni di Panton Luas, dan menghubungkan Lawe Sawah dengan Lawe Cimanok di Kleut Timur,” kata Cut.

Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan telah menetapkan status tanggap darurat berlangsung 14 hari, terhitung mulai 20 Maret 2018.

Data terakhir BPBD Aceh Selatan menyebut, 1.823 unit rumah terendam, 5.774 kepala keluarga atau 13.489 jiwa menjadi korban terdampak banjir di 75 desa dengan sepuluh kecamatan.

Hingga kini, belum ada bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Aceh sebagai bentuk terhadap paran korban terdampak banjir di Aceh Selatan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER