Bakda Subuh Selasa kemarin, sehari sebelum perjalanan kami berikutnya ke Islandia. Saya menjemput Ustad Kasif Herr di kediamanya tak jauh dari rumah kami. Kami lantas ngebut ke Purwakarta. Sudah lama saya tak bertemu Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta. Ia salah satu kandidat Gubernur Jawa Barat.

Banyak hal kami konfirmasi soal isu Jabar ke Kang Dedi.

Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta (tengah). (foto: Iwan P)

Jauh sebelumnya, usai Gerhana Matahari total, di saat saya ke Belitung tahun lalu, Ridwan Kamil, Walikota Bandung, pernah menghubungi. Ia kala itu getol saya motivasi maju Cagub DKI. Saya menemui Kang Emil ke Bandung.

Kala itu saya mendapat konfirmasi langsung kalau Kang Emil emoh maju ke Jakarta. Ia bilang menuntaskan kerja sebagai walikota bersiap untuk menjadi Cawapres Prabowo Soebianto, 2019. Saya katakan waktu itu waktu masih panjang.

Hari ini semua warga mafhum. Baik Emil maupun Dedi, posisinya masing-masing.

Ijinkan saya “jahil”.

Pertama saya sudah lama bilang jika mengacu jumlah kursi di DPR, harusnya Presiden RI dari Jawa Barat. Kedua dari perkembangan hingga hari ini, saya kok melihat ada momentum.

Momen apa?

Momen warga Jabar mengembalikan jati diri suara ada di tangan rakyat. Perubahan pun bisa dilakukan warga secara nyata. Caranya majukan sosok bunyi AA Gym sebagai calon independen gubernur Jabar. Riil kesempatan calon independen bisa menang. Saya punya keyakinan jika warga Jabar ingin terobosan mengubah sistem politik kadung meluncur ke dalam turbulensi oligarki fulus mulus.

Belakangan ada partai juga melirik AA Gym.

Bagi saya hal itu tidak masalah. Akan tetapi bola harus dilempar duluan oleh Jabar, saatnya calon independen bisa menang.

Bila hal demikian terjadi ada harapan bagi bangsa ini mengembalikan ke-Indonesia-an berpancasila bermerah-putih. Bila tidak, di sikon partai sudah menjadi korporat, maka pilihan menjadikan pejabat ditentukan satu dua saja pemegang saham. Contoh, kini bila kata pemegang saham Ricky Subagja jadi calon walikota Bandung, maka itulah titah.

Saya bermimpi segenap warga Jabar menabalkan ada calon independen sebagai pemenang: dari segi elektabilitas nama AA Gym sangat unggul dan menjanjikan.

Demikian opini saya.

EDITOR: Harun S

Iwan Piliang

Iwan Piliang

Content Director Sosmed, Private Investigator, Bisnis Kuliner @RMKokiPadang #BebekdiSaung #SandraSalon
Iwan Piliang

Tulisan terbaru Iwan Piliang (semua)

BAGIKAN
loading...

42 KOMENTAR

  1. Semoga aa’ Gym benar2 mau maju di pilgub Jabar 2018.
    Dan masyarakat Ciamis juga menginginkan salah satu penggagas aksi jalan kaki 212 Ciamis-Jakarta KH. Nonop Hanafi menjadi calon wabup Ciamis mendampingi cabup Didi Sukardi di pilkada Ciamis 2018.
    Ulama-ulama 212 go to politik.
    Semoga…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

difteri yaman

32 Orang Tewas Diduga Terserang Difteri di Yaman

SANA'A, SERUJI.CO.ID - Kementerian Kesehatan yang dikuasai gerilyawan Syiah Yaman Al-Houthi pada Senin (11/12) mengatakan 32 orang telah meninggal akibat penyakit yang diduga adalah...
Imunisasi

KLB Difteri, Menkes Minta Kesadaran Kelompok Masyarakat Antivaksin

JAKARTA, SERUJI.CO.ID  - Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta kesadaran akan pentingnya imunisasi kepada kelompok masyarakat yang masih menolak imunisasi atau antivaksin menyusul adanya Kejadian...
imunisasi bayi

Dinkes Jatim: Sudah 72,6 Persen Bayi Diimunisasi DPT

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Jawa Timur menyatakan telah memberi imunisasi Difteri Pertusis Tetanus (DPT) kepada sebanyak 427.029 bayi lengkap tiga kali dari total...

KANAL WARGA TERBARU

Point Blur_Dec122017_090245

Empat Tahun Bocah Ini Berjuang Dengan Penyakitnya

Kotawaringin Barat - Diky Supratman (16) anak dari pasangan Mustofa dan Marni jl. Ahamd Yani gg. Baning RT 29 Kelurahan Baru Arut Selatan Kotawaringin...
perbedaan-fasilitas-bpjs-kesehatan-kelas-1-2-3

NIK Bermasalah di Sistem BPJS, Bagaimana Mengatasinya?

Nomor KTP atau resminya Nomor Induk Kependudukan (NIK) atas nama seorang pasien bernama Suratini ditemukan bermasalah oleh petugas pendaftaran RS UGM, Ahad (10/12) siang....
KH. Luthfi Bashori

Perintah Bernahi Munkar

Membiarkan kemunkaran terjad di depan mata, adalah perbuatan tercela. Muslim yang baik adalah muslim yang peduli terhadap kemashlahatan lingkunganya, sekira jika terjadi kemaksiatan di...