Kerugian Banjir di Solok Selatan Mencapai Rp 8,5 Miliar

1
95

PADANG ARO – Kerugian banjir bandang yang melanda Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, pada Kamis malam (14/9) mencapai Rp8,5 miliar.

Kepala Sekretariat Posko Bencana Banjir Nagari Pakan Rabaa Tangah Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Rusdi Harmen di Padang Aro, Sabtu (16/9), menyebutkan kerugian banjir bandang itu meliputi rumah penduduk Rp1,38 miliar, lahan pertanian seluas 50 hektare Rp500 juta.

Kemudian PDAM satu unit berupa intake dan bak penampung Rp500 juta, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Batang Lolo Atas senilai Rp750 juta.

Loading...

Irigasi sebanyak lima unit sebesar Rp2 miliar, normalisasi Sungai Batang Lolo Rp1 miliar, normalisasi Sungai Anak Lolo Rp500 juta.

Jalan kabupaten Rp1 miliar, kolam ikan dan ternak Rp100 juta, kemudian oprit jembatan satu unit Rp770 juta.

“Ini masih data sementara,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Hapison didampingi Kepala Bidang Sosial Dicky Nanda Utama kebutuhan bantuan yang mendesak saat ini adalah makanan dan air bersih.

Pihaknya telah menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir berupa selimut 571 lembar, terpal 90 lembar dan matras 146 lembar.

Pemerintah setempat telah mendirikan dapur umum dan posko kesehatan.

Bantuan, sebutnya, berasal dari pihak pemerintah provinsi dan kabupaten setempat.

“Kemarin Dinas Sosial Sumbar juga telah menyalurkan beras cadangan 1,2 ton untuk membantu warga yang terdampak banjir,” ujarnya.

Sejumlah relawan juga mulai berdatangan untuk membantu pemerintah setempat membersihkan rumah warga dari lumpur.

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama