Kepulauan Mentawai Disiapkan Menjadi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu

SIKAKAP – Bertempat di Aula Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Sikakap, Kab. Kepulauan Mentawai, dilakukan Bimbingan Teknik (Bimtek) Budidaya ikan Kerapu yang dihadiri oleh kelompok pembudidaya dari desa pesisir sekitar Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari dari 22 Mei sampai 24 Mei 2017 merupakan bagian dari program Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) yang bertujuan meningkatkan keterampilan dan teknik budidaya ikan kerapu. Bimtek mencakup pembelajaran budidaya ikan kerapu di dalam ruangan dan praktek langsung di lapangan salah satunya adalah penanganan parasit pada ikan yang dapat menyebabkan penurunan produksi.

“Program SKPT ini merupkan kegiatan prioritas di Kementerian Kelautan dan Perikanan yang tersebar di 12 lokasi, salah satunya adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai,” ungkap Kepala Subdit Pemanfaatan Kawasan dan Jenis Ikan, Direktorat Konservasi dan Keanaekaragaman Hayati Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sarmintohadi,S.Pi, M.Si.

Ia juga menjelaskan terdapat 2 kegiatan utama yaitu sektor perikanan tangkap dan sektor perikanan budidaya laut yang dilakukan secara terintegasi, mulai pembibitan, pembudidayaan, pemasaran dan revitaslisasi serta penyediaan sarana prasarana dukungan pengembangan.

“Tujuan dari PSKPT ini adalah masyarakat di pulau dapat meningkat pendapatannya,” jelasnya.

Terkait dengan kendala susahnya pemasaran hasil perikanan budidaya laut, lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa sekarang kapal pengumpul dari Hongkong sudah dapat masuk kembali ke pelabuhan resmi yang ditentukan pemerintah dengan kapasitas angkut 15 ton produk dari perikanan budidaya laut.

Selain itu, ke depannya masyarakat juga dapat memanfaatkan BUMN PT. Perikanan Nusantara (Perinus), yang akan mengangkut hasil produksi perikanan budidaya hingga 2-3 ton. (Hadi P/Hrn)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER