Jokowi Akan Terima Gelar Adat Tertinggi LAM, Ini Rangkaian Acara Besok


PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi dijadwalkan menerima gelar Datuk Sri Setia Amanah Negara yang merupakan gelar adat tertinggi dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Kota Pekanbaru, Sabtu (15/12).

“Besok pagi akan dilaksanakan gelar adat penabalan gelar kehormatan adat kepada Yang Mulia Presiden Republik Indonesia, Tuan Ir Haji Joko Widodo,” kata Ketua LAM Riau Syahril Abu Bakar di Pekanbaru, Jumat (14/12).

Ia mengatakan gelar adat Datuk Seri Setia Amanah Negara bermakna pemimpin puncak yang bercahaya cemerlang, taat setia secara penuh dalam menunaikan amanah negara yang dibebankan kepadanya.

“Yang bak pohon besar melindungi dan mengayomi, sedangkan yang bak padi dan kapas menyejahterakan,” kata Syahril.

Pada hari ini dilakukan persiapan matang berupa gladi bersih hingga sistem pengamanan dari kepolisian dan TNI di Gedung LAM Riau, Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru.

Baca juga: Dinilai Kebijakannya Bermanfaat, LAM Riau Akan Beri Gelar Adat Kepada Jokowi

“Kedatangan Presiden akan disambut dengan silat sambut dan beras kunyit disertai iringan kompang sebagai tanda menghormati tamu,” kata Pimpinan Panitia Penyambutan dan Penganugerahan Gelar Adat kepada Presiden, Datuk Marjohan.

Sesuai jadwal agenda, ia menerangkan, Presiden beserta Ibu Negara Iriana Jokowi akan mengikuti serangkaian prosesi pemberian adat sekitar pukul 09.00 WIB.

Penyambutan kedatangan Presiden akan dilakukan di depan Balai Adat, kemudian menuju Balai Tenas Efendi. Dalam penyambutan tersebut akan diiringi dengan tembang shalawat dan tabuhan musik rebana.

Ia mengatakan penabalan gelar adat dari pembilang dilakukan dengan nuansa kental budaya Melayu.

“Proses penabalaan diawali dengan pembacaan SK (Surat Keputusan) penganugeran gelar adat oleh Ketua LAM,” tuturnya.

Nantinya, dalam prosesi penabalan dilakukan pembacaan warkah dan pemasangan tanjak.

“Beliau akan menerima pemasangan tanjak dan selempang serta keris diiringi musik,” ujarnya.

Selanjutnya Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menuju pentas dan duduk di singgasana bak pasangan pengantin dan ditepuk tepung tawar.

“Ada sembilan orang nanti dari kesultanan hingga tokoh adat yang akan menepuk tepung tawari Presiden Jokowi Datuk Seri Setia Amanah Negara. Kemudian pada akhir acara akan ditutup doa dan makan beradat,” katanya.

Presiden Jokowi diagendakan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau pada 14-15 Desember 2018.

Agenda pertama Presiden adalah menerima gelar adat tertinggi dari LAM Riau yang dilanjutkan dengan pembagian sertifikat tanah di Rumah Dinas Gubernur Riau.

Presiden juga dijadwalkan menghadiri pergelaran budaya tarian adat di GOR Remaja Kota Pekanbaru serta silaturahim dengan pimpinan pondok pesantren Al-Kautsar. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.
close