H+3 Lebaran 2019, Bandara Kualanamu Masih Terlihat Sepi

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Penumpang arus balik di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara pada Sabtu (8/6) atau H+3 Lebaran Tahun 2019, belum begitu ramai.

“Diperkirakan penumpang arus balik akan membludak pada Minggu (9/6),” kata seorang pemudik dari Medan, Dahlia Mutiara (40) di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (8/6).

Ia mengaku secepatnya berangkat ke Jakarta dengan menggunakan penerbangan Garuda Indonesia, karena sudah puas merayakan Lebaran di Medan dan dapat berkumpul bersama orang tua, serta keluarga.

“Selain itu, untuk menghindari padatnya penumpang arus balik di Bandar Udara Internasional Kualanamu,” ujar Dahlia.

Ia mengatakan pada Hari Senin (10/6) kembali masuk bekerja seperti biasanya di salah satu perkebunan milik BUMN, dan setelah selesai melaksanakan cuti lebaran.

“Saya tidak ingin terlambat masuk kerja, harus memberikan contoh yang terbaik,” ucapnya.

Sementara, arus balik dari berbagai daerah kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara yang berangkat dari Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang pada H+3 Lebaran 2019, mulai ramai dan puncaknya diperkirakan hari Ahad (9/6).

Pemantauan di Bandara Internasional Kualanamu, Sabtu sore, para pemudik mengaku berasal dari Medan, Lubuk Pakam, Pematang Siantar, Binjai, Langkat dan beberapa daerah lainnya.

Sebahagian para pemudik dari luar daerah tersebut, tiba Bandara Internasional Kualanamu diantarkan oleh keluarga mereka. Ada juga yang menggunakan jasa transportasi taksi, Damri, kereta api, dan angkutan lainnya.

Data yang diperoleh dari Posko PT Angkasa Pura II (Persero) menyebutkan jumlah penumpang keberangkatan domestik sebanyak 4.064 orang dan kedatangan 3.024 orang. Total penumpang seluruhnya mencapai 7.808 orang.

Dari segi fasilitas dan infrastruktur Bandar Udara Internasional Kualanamu mampu melayani pendaratan dan penerbangan pesawat berbadan besar, yakni Airbus A380 dan pesawat sejenisnya.

Bandara Internasional Kualanamu juga mampu menampung 35 pergerakan pesawat per jam, namun saat ini baru melayani 22 pergerakan per jam.

Saat Lebaran bisa meningkat hingga 24 sampai dengan 25 pergerakan sehingga slot masih terbuka lebar bagi airlines yang berencana menambah penerbangannya ke Bandara Kualanamu. Hal itu sejalan dengan program PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy