Jalan Raya Gubeng Ambles, Pelaksana Proyek Basemen Siap Tanggung Jawab Penuh

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – DPRD Kota Surabaya menggelar rapat dengar pendapat (RDP) atas peristiwa amblesnya Jalan Raya Gubeng.

RDP yang digelar pada Selasa (19/12) malam di kantor DPRD Kota Surabaya itu menghadirkan pemilik, kontraktor, konsultan, dan beberapa organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkot Surabaya. Hadir juga perwakilan dari PT Saputra Karya dan PT Nusa Konstruksi Enjiniring.

Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji mengatakan, dari hasil dengar pendapat itu, kronologi terjadinya penurunan tanah hingga menyebabkan Jalan Raya Gubeng ambles muncul sejak pengerjaan basemen RS Siloam lantai 3 ke bawah.

“Kelanjutan pelaksanaannya sempat dihentikan dengan tujuan melakukan evaluasi,” kata Armuji, Kamis (20/12).

Menurutnya, izin yang sudah dilalui ada dua tahap. Pertama pada tahun 2015 untuk pembangunan 22 lantai, dan kedua saat direvisi untuk penambaham 6 lantai.

“Jadi tidak untuk rumah sakit saja, untuk hotel dan fasiltas lainnya juga,” tuturnya.

Armuji menyayangkan pelaksana proyek besemen tersebut tidak segera berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya ketika ada tanda-tanda penurunan tanah (settlement).

Namun, Armuji mengapresiasi sikap kontraktor pelaksana proyek basemen RS Siloam yang bersedia bertanggung jawab untuk membiayai perbaikan Jalan Raya Gubeng.

“Pemulihan (rekondisi) akan dimulai hari ini. Mereka berjanji akan menyelesaikannya. Pemkot (Surabaya) tidak perlu lagi menggunakan dana sepeser pun untuk rekondisi,” katanya.

Selain itu, pelaksana proyek disebut Armuji juga akan memulihkan semua dampak yang terjadi, termasuk beberapa bangunan di sekitar amblesnya Jalan Raya Gubeng.

“Kontraktor tanggung jawab penuh sampai normal kembali,” pungkasnya. (SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Form Konsultasi Hukum SERUJI

Untuk berkonsultasi dengan para pakar pengasuh rubrik "Konsultasi Hukum SERUJI" (KHS) silahkan isi form ini selengkap mungkin dan dengan data yang benar. Seluruh data kami jamin terjaga kerahasiaannya.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.