3,3 Juta Pelanggan PLN Jatim Dikenakan Kenaikan Tarif Adjustment

SURABAYA – Mulai Juni mendatang,  PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Distribusi Jawa Timur akan memberlakukan tarif adjustment untuk pelanggan berdaya 900 Volt Ampere (VA).

“Kenaikan sebesar 36 persen ini diberlakukan bagi 3,3 juta pelanggan di luar tarif subsidi,” ungkap Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jatim, Pinto Raharjo di Surabaya, Senin (13/2).

Menurut dia, pengenaan tarif adjustment untuk listrik 900 VA kepada pelanggan nonsubsidi tersebut dimulai tahapannya pada Januari 2017 sebesar 32 persen. Selanjutnya, tarif listrik yang diambilkan dari selisih antara tarif keekonomisan dengan tarif subsidi itu kembali dinaikkan 32 persen pada Maret 2017.

Lalu, pada Mei 2017, dinaikkan lagi tarifnya menjadi 36 persen. Sehingga, di bulan Juni 2017, sebanyak 3,3 juta pelanggan itu akan mengikuti tarif adjustment yang saat ini sebesar Rp1.459 per KWh.

Penerapan tarif ini, lanjut Pinto, merujuk Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 028/2016. Regulasi yang sudah diterima PT PLN Distribusi Jatim itu akan diterapkan sesuai dengan data pelanggan penerima subsidi dan pelanggan listrik nonsubsidi di Jatim.

“Masyarakat harus melengkapi data-data yang dibutuhkan untuk mendukung bahwa mereka memang pelanggan yang perlu disubsidi. Karena, bisa jadi, dulu mereka tergolong pelanggan kaya, tapi mendadak jatuh miskin keterangan itu yang kami perlukan,” katanya.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Implikasi Hukum Kebohongan Publik dari Pejabat Negara

JADI DARI KEDUA LANDASAN HUKUM ISLAM TERSEBUT JELAS BERBOHONG ATAU BERDUSTA ADALAH PERBUATAN YANG DILARANG DAN HARAM HUKUMNYA.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER