Resmikan Nama Jalan Khas Sunda di Yogyakarta, Wujud Rekonsiliasi Jawa-Sunda

YAGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama Gubernur DIY Sultan Hemengku Buwono X meresmikan nama jalan lingkar luar atau ring road di Yogyakarta yang diberi nama Jalan Siliwangi dan Jalan Padjajaran, Selasa (3/10).

Acara Peresmian itu dilakukan di kawasan simpang empat Jombor, Sleman, Yogyakarta. Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan dalam peresmian itu didampingi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, serta sejumlah tokoh Jawa Barat lainnya.

Selain dua kepala daerah dari Jawa Barat tersebut, hadir pula Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Akhmad Sukardi, mewakili Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang berhalangan hadir. Sukardi dalam acara itu ikut meresmikan dua nama jalan arteri di Yogyakarta yakni Jalan Brawijaya dan Jalan Majapahit.

“Penggunaan nama-nama tokoh kerajaan di Jawa Barat dan Jawa Timur ini menjadi simbol rekonsiliasi kultural,” kata Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono dalam sambutannya.

Sultan mengatakan, penggunaan nama-nama tokoh sejarah baik di Jawa Barat maupun Jawa Timur di Yogyakarta sengaja dilakukan karena Sultan menilai hingga saat ini seolah-olah masih ada ganjalan sejarah yang secara langsung maupun tidak memengaruhi hubungan masyarakat, khususnya suku Sunda dan Jawa.

“Suku Sunda dan Suku Jawa sebagai dua suku besar di Indonesia ini memang memiliki sejarah yang sepertinya tidak selesai,” tutur Sultan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER