Polresta Yogyakarta Siapkan Tujuh Posko Pengamanan dan Pelayanan Selama Lebaran

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kepolisian Resor Kota Yogyakarta menyiapkan tujuh posko pengamanan dan posko pelayanan selama masa libur Lebaran sebagai perpanjangan tangan Polres dan Polsek untuk memastikan keamanan dan ketertiban di masyarakat tetap terjaga.

“Salah satu tugas personel di tiap posko adalah memastikan lalu lintas tetap lancar. Kami sudah siapkan strategi untuk melakukan rekayasa lalu lintas saat macet sehingga arus terurai. Ada jurus yang sudah kami siapkan,” kata Kapolres Kota Yogyakarta, Kombes (Pol) Armaini di sela apel gelar pasukan Operasi Ketupat Progo di Yogyakarta, Selasa (28/5).

Tujuh posko pengamanan dan posko pelayanan tersebut di antaranya berada di Teteg Malioboro yang sekaligus difungsikan membantu pengamanan di Stasiun Tugu Yogyakarta, posko di Titik Nol Kilometer, posko di simpang Jalan Gejayan, posko di Kotabaru yang sekaligus mendukung pengamanan Stasiun Lempuyangan, posko di GL Zoo, serta posko di Terminal Giwangan Yogyakarta.

Armaini melanjutkan, melalui posko pengamanan dan pelayanan tersebut kepolisian ingin mendekatkan diri ke masyarakat sehingga masyarakat merasa semakin aman dan nyaman dalam menjalankan aktivitas mereka selama libur Lebaran.


“Kami pun bekerja sama dengan TNI dan berbagai potensi masyarakat termasuk dari Dinas Kesehatan untuk mendukung pelayanan di posko,” katanya yang juga akan menyiagakan sebanyak 27 titik pantau di simpang-simpang jalan di jam rawan macet.

Salah satu titik kemacetan yang harus diwaspadai saat libur Lebaran adalah di Jalan Malioboro. “Jika tidak terpaksa, maka kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak melakukan penutupan di Jalan Malioboro. Jika terjadi penutupan, maka tidak akan berlangsung lama. Tujuannya hanya untuk memperlancar arus saja,” katanya.

Armaini mengatakan, kemacetan di Jalan Malioboro disebabkan banyaknya masyarakat atau wisatawan yang ingin menyempatkan diri melintas di jalan tersebut. “Semua orang ingin melintas di Malioboro. Harapannya, tidak ada gangguan apapun di ruas jalan tersebut selama libur Lebaran. Misalnya ada aksi unjuk rasa,” katanya.

Armaini mengatakan, sedangkan untuk kondisi keamanan dan ketertiban selama Ramadhan Yogyakarta cukup kondusif meski ada dinamika gangguan keamanan yang lebih banyak dilakukan oleh pemuda. “Misalnya ada tawuran. Kami bahkan sudah menangkap sekitar 20 pelaku tawuran pada Minggu (Ahad, 26/5) dini hari. Ada yang membawa senjata tajam dan ada korban luka,” katanya yang juga menangkap pelaku perampokan dengan senjata api.

Petugas kepolisian akan terus melakukan patroli hingga dini hari untuk menjamin keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, masyarakat bisa ikut berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. “Jika akan bepergian untuk mudik atau kedatangan tamu selama Lebaran, maka akan lebih baik jika segera melapor ke RT dan RW. Ini demi keamanan dan kenyamanan bersama,” katanya.

Selain stabilitas keamanan dan ketertiban, Haryadi juga mengingatkan agar pedagang, pelaku wisata dan penyedia jasa lain tidak memakai aji mumpung selama libur lebaran dengan menaikkan harga tanpa disertai alasan yang tepat.

“Jangan menaikkan harga sembako atau harga makanan, harga kamar hotel sampai ke harga parkir. Beri pelayanan terbaik ke wisatawan yang datang,” katanya.

Sedangkan untuk kepadatan lalu lintas, Haryadi memperkirakan terjadi kenaikan volume kendaraan sebesar 20-30 persen dibanding hari biasa. Kepadatan diperkirakan mulai terjadi pada 30 Mei karena Yogyakarta bukan hanya menjadi kota tujuan tetapi juga perlintasan mudik.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Diakuisisi atau Mengakuisisi: Satu Demi Satu Jatuh ke Tangan Asing

Suatu saat Anda didatangi oleh manajer pengembangan usaha Unilever menawari Anda untuk membeli 100% saham perusahaan Anda dengan harga 25 tahun laba alias Rp250 miliar. Anda dipersilakan pensiun dengan menikmati laba 25 tahun kedepan dalam bentuk uang tunai. Anda tertarik tidak? Ngiler tidak?

Buruh, Rumah dan Kejahatan Negara

Kementerian kesehatan merilis 6771 KK buang air besar sembarangan di Bekasi. Menjijikkan tentunya. Namun, disebelah kota Bekasi, Kerawang, Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan "topping off" perumahan dan kawasan bisnis Meikarta, dengan nilai projek 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp300 Triliun

Bejat, Oknum Guru Meniduri Muridnya Ratusan Kali Bermodal Janji Menikahi

Aksi bejat yang berlangsung sejak tahun 2014 saat Lan masih berusia 14 tahun itu, dilakukan dengan jurus rayuan telah jatuh cinta pada Lan dan berjanji akan menikahi jika Lan telah berusia 18 tahun.

DPR Terima Surat KPK Soal Firli, Gerindra: Aneh Komisioner Lakukan Serangan di Detik-Detik Akhir

"Ini ada ketakutan yang luar biasa terhadap Firli. Penolakan luar biasa kepada Firli kan aneh nah ini lah intinya dalam fit and proper test ke depan kita akan pertanyakan hal-hal yang seperti itu," ungkap Desmond.

Akhirnya, KPAI Cabut Surat Permintaan Penghentian Audisi Bulu Tangkis Djarum

Kesepakatan itu diambil usai pertemuan antara KPAI dengan PB Djarum yang dipimpin oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi hari ini di Kantor Kemenpora, Jakarta, hari ini, Kamis (12/9).

Habibie Berpulang dengan Didampingi Anak-Cucu dan Keluarga Dekat

Presiden ke-3 RI Burhanuddin Jusuf Habibie saat wafat di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9), ditemani oleh keluarga dekat termasuk kedua anak dan cucu-cucunya.

Innalillahi, Presiden ke-3 RI BJ Habibie Wafat Pada Pukul 18.05 WIB

Habibie wafat pada usia 83 tahun di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto Jakarta Rabu pukul 18.05 WIB, menurut Putra Habibie, Thareq Kemal Habibie.

Perluasan Ganjil-Genap Hari Pertama: Pemprov DKI Klaim Polusi Udara Turun

"Semalam Airvisual telah merilis hasil pengukuran mereka, di mana Jakarta yang sebelumnya ada di peringkat satu atau dua kota terpolusi di dunia, semalam saya lihat di rilisnya sudah turun jadi peringkat ke 9," ujar Syafrin

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Dewan Pers Ingatkan Media untuk Terus Kawal Janji Politik Yang Dilontarkan Pada Pemilu 2019

Menjelang Pemilu 2019 media sibuk membahas tentang persoalan pemilu, namun setelah pemilu media seakan-akan diam.

Nilai Tidak Etis Parpol Pengusung Prabowo Gabung Pemerintah, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara

Saat Pilpres 2019 saling rebut kekuasaan, lantas saat kalah bergabung ke yang menang. Tidak Etis. Kata pakar HKTN ini.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Bejat, Oknum Guru Meniduri Muridnya Ratusan Kali Bermodal Janji Menikahi

Aksi bejat yang berlangsung sejak tahun 2014 saat Lan masih berusia 14 tahun itu, dilakukan dengan jurus rayuan telah jatuh cinta pada Lan dan berjanji akan menikahi jika Lan telah berusia 18 tahun.