Polres Bantul Tempatkan Pos di Kawasan Bundaran Srandakan

BANTUL, SERUJI.CO.ID – Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menempatkan sebuah pos pelayanan terpadu di kawasan Bundaran Srandakan yang bisa dimanfaatkan para pemudik yang datang dari arah Kulon Progo atau barat.

“Ada satu pos pelayanan itu di Bundaran Srandakan yang merupakan pintu masuk dari Kulon Progo. Jadi, kami tempatkan pos pelayanan dan pos informasi di sana,” kata Kepala Polres Bantul, AKBP Sahat Marisi Hasibuan di Bantul, Jumat (31/5).

Menurut dia, selain berfungsi sebagai pelayanan kepada pemudik yang memasuki atau melintasi wilayah Bantul dari jalur selatan, pos pelayanan juga bisa tempat istirahat bagi pemudik yang kelelahan mengemudi.

“Di sana mungkin disiapkan bengkel-bengkel yang sudah dikerjasamakan, kemudian untuk refleksi artinya memberi pelayanan kepada masyarakat yang akan mudik ke Bantul ataupun perlintasan mereka ke Yogyakarta dan ke Solo,” katanya.

Selain pos pelayanan terpadu yang bersinergi dengan instansi terkait, seperti unsur kodim, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Polres juga telah mendirikan lima pos pengamanan di jalur-jalur strategis wilayah Bantul.

Kapolres menyebutkan lima pos itu, yakni pospam di Sedayu Jalan Wates Klangon yang merupakan pintu masuk dari Kulon Progo lewat jalur tengah menuju Bantul atau pemudik yang melewati Sedayu menuju Yogyakarta.

“Kemudian pospam di Sewon, kami tempatkan di simpang empat Druwo, selain bisa memantau arus di ring road selatan juga ke arah Parangtritis (Jalan Parangtritis), kemudian pos di Simpang Empat Ketandan untuk memantau arus ke arah Piyungan menuju Gunung Kidul,” katanya.

Selanjutnya, pospam di Simpang Tiga Piyungan yang oleh kepolisian ditempatkan tim urai kemacetan, mengingat jalur ke arah Wonosari Gunung Kidul yang berbatasan dengan Bantul setiap arus mudik dan balik Lebaran arus padat.

“Jadi, anggota pengurai akan ke atas (jalan Wonosari) apabila jalanan macet. Namun, apabila sudah masuk Gunung Kidul, personel kami tarik. Yang terakhir pos pengamanan di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis untuk arus wisata,” katanya.

Personel yang dilibatkan dalam Operasi Ketupat Progo 2019 atau dalam rangka pengamanan Lebaran di Bantul sebanyak 450 personel. Akan tetapi, pada pelaksanaan di lapangan jumlahnya ditambah.

“Karena yang 450 personel itu yang didanai. Akan tetapi, kami pertebal untuk wilayah-wilayah, termasuk objek wisata. Sementara itu, dari kodim sudah siagakan sekitar 200 personel, kemudian dari pemda, dishub, dan PMI juga ada,” katanya.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.