Menhub: 70 Persen Kecelakaan Saat Mudik Dialami Sepeda Motor

SEMARANG, SERUJI.CO.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan mudik menggunakan sepeda motor sangat berbahaya mengingat 70 persen kecelakaan pada musim Lebaran tahun lalu dialami kendaraan roda dua.

“Saya tidak bisa melarang pemudik pulang kampung naik motor tapi alangkah baiknya tak gunakan motor untuk perjalanan jarak jauh” kata Menhub Budi Karya di Semarang, Rabu (16/5).

Hal itu dikatakan Menhub Budi saat Dialig Nasional ke-12 Indonesia Maju yang juga dihadiri Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Sosial Idrus Marham.

Menhub mengatakan faktor letih fisik dan tidak konsentrasi, merupakan awal terjadinya kecelakaan sepeda motor karena memang kendaraan itu rawan kecelakaan.

Menhub mengimbau pemudik yang ingin menggunakan sepeda motor bisa memanfaatkan angkutan gratis kapal laut dan truk yang disediakan pemerintah.

“Motor bisa dinaikkan ke kapal laut dan penumpang bisa ikut sambil istirahat dikapal sampai Semarang,” katanya.

Demikian juga angkutan mudik gratis menggunakan truk, sepeda motor bisa diangkut di atas truk sementara pemudik menggunakan angkutan lain.

Menhub mengatakan jumlah kecelakaan saat mudik dan balik setiap tahun memang cenderung turun karena mulai tingginya kesadaran masyarakat dalam berkemudi.

“Tentunya saya juga berharap jumlah kecelakaan pada mudik dan balik Lebaran tahun ini turun, setelah adanya sejumlah program yang dilakukan pemerintah,” katanya.

Menhub mengimbau pula kepada masyarakat dan perusahaan pemilik kendaraan pribadi dan umum lakukan uji kelaikan kendaraan sebelum digunakan perjalanan.

Budi Karya mengatakan untuk menghindari kemacetan pemudik bisa memanfaatkan pulang kampung pada H-7, apalagi sudah ada keputusan pemerintah yang memperpanjang cuti bersama Lebaran.

“Survei menunjukkan kalau banyak pemudik pulang kampung H-2 dan H-3 dan ini menyebabkan kemacetan. Untuk itu diimbau masyarakat mudik pada H-7,” kata Budi.

Pemerintah terus berupaya memberikan kemudahan untuk pemudik seperti menyediakan fasilitas gratis mudik dengan kapak laut, kereta api dan truk. “Manfaatkan fasilitas itu,” katanya. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....