close

Industri Pariwisata di Teluk Kendari Terancam Akibat Pendangkalan

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Teluk Kendari yang dilengkapi sejumlah lokasi wisata dan pelabuhan nusantara serta tempat pendaratan cargo antarpulau, posisinya kini terancam menjadi daratan. Kenyataan itu membuat banyak pengelola industri wisata di kawasan teluk Kendari resah.

“Kami sangat berharap pemerintah daerah segera mengambil keputusan penyelamatan kawasan teluk. Kalau dibiarkan yang akan rugi besar adalah pemerintah daerah karena hilangnya aset keindahan alam kawasan teluk yang selama ini dikagumi banyak investor,” ujar Ir Hugua, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sultra.

Kepada SERUJI di Kendari, Kamis (23/5) Hugua juga menjelaskan, saat ini Pemda sedang serius menyelesaikan pembangunan jembatan Teluk Kendari yang ditargetkan bisa difungsikan akhir tahun ini. Tetapi keindahan jembatan itu akan hilang secara perlahan bila kawasan teluk berubah menjadi daratan.

Hugua mengaku beberapa waktu lalu mengumpulkan hasil penelitian kedalaman air di kawasan teluk yang ternyata hanya berkisar 4 meter saat air pasang, padahal 25 tahun lalu kedalaman perairan teluk masih sekitar 32 meter.


Cepatnya proses pendangkalan perairan teluk Kendari, kata Hugua, akibat tumpukan endapan lumpur yang dibuang sekitar 13 anak sungai yang muaranya terpusat di Teluk Kendari.

Keadaan itu diperparah dengan gundulnya kawasan hutan di hulu sungai Wanggu di daerah Konawe Selatan dan rusaknya hutan di hulu Sungai Jonaweeha di Konawe yang menyebabkan setiap banjir sungai itu menghanyutkan ribuan ton endapan lumpur.

“Saya sudah laporan hal ini ke Gubernur Sultra agar diantisipasi. Soalnya tertariknya investor mengolah kawasan wisata di Kendari lebih karena indahnya kawasan teluk Kendari. Kalau jadi daratan, maka daerah akan rugi besar,” lanjut Hugua.

Gubernur Sultra H Ali Mazi saat dikonfirmasi mengaku prihatin melihat Teluk Kendari. Agar teluk itu bisa tetap memperlihatkan pesona keindahannya, sehabis Idul Fitri akan mengumpulkan para kepala daerah terkait untuk memikirkan upaya segera menyelamatkan teluk Kendari dari ancaman jadi daratan.

“Kalau sudah ada kesepakatan kita kerjanya enak, mana bagian dari Teluk yang harus dikeruk dan mana yang dibiarkan jadi daratan,” kata Gubernur.

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Minta Kasus Kivlan Zen Diselesaikan Secara Hukum, Begini Penjelasan Ryamizard

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menegaskan kasus hukum yang menimpa mantan Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen harus diselesaikan secara prosedur hukum.

Puji Ketua MK Anwar Usman, Sandiaga: Pernyataannya Sangat Menggetarkan Hati

Menurut Sandiaga apa yang disampaikan Anwar Usman dinilainya bijak dan sangat menggetarkan hati.

Kominfo Tidak Akan Batasi Akses Medsos Apabila Kondusif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan...

350 Personel Polda Jambi Disiagakan Jelang Keputusan Sidang MK

JAMBI, SERUJI.CO.ID - Demi menjaga situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat...

Anwar Usman Tegaskan MK Bekerja Secara Independen

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Majelis Hakim Konstitusi, Anwar Usman...

MK Memulai Sidang PHPU Pilpres 2019 Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum...

TERPOPULER