Gubernur Sultra: Potensi Daerah Besar tapi Realisasi PAD Kecil

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Gubernur Sulawesi Tenggara H Ali Mazi mengeluhkan kecilnya realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) wilayahnya, yang dirasakan tidak seimbang dengan besarnya potensi sumber daya alam yang dimiliki.

“Saya heran, sumber daya alam Sulawesi Tenggara sebenarnya besar sekali. Daerah ini punya tambang nikel, punya areal pariwisata yang menarik dan luas, belum lagi hasil lautnya dan perkebunan coklat, tetapi pendapatan asli daerah tiap tahunnya kecil,” kata Gubernur Ali Mazi kepada wartawan di Kendari, Sabtu (29/12).

Munurut penilaian orang nomor satu di Pemprov Sultra itu, penyebab kecilnya PAĎ Sultra semata mata karena banyak pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) adalah orang-orang yang tidak kreatif, sehingga tidak memahami bagaimana memberdayakan potensi yang ada menjadi sumber penghasilan daerah yang besar.

Terkait dengan itu, Gubernur mengatakan dalam waktu dekat akan mengumpulkan sejumlah pimpinan OPD di Kendari. Ia ingin tahu kendala apa yang menyebabkan perolehan PAD minim.

Menurutnya, bila potensi Sultra diolah secara profesional, PAD Sultra bisa berlimpah, bisa membiayai proyek-proyek daerah agar tidak selalu menggantungkan pada APBD dan APBN.

Potensi masuknya uang dari sektor wisata misalnya, dinilai kalangan anggota DPRD Sultra, tidak pernah jelas. Padahal obyek wisata di Sultra selalu ramai.

“Lihat saja di seputaran Kendari Beach kalau sore penuh pengunjung, tapi perparkirannya diolah secara liar oleh para preman. Padahal perparkiran di Kendari Beach harus diolah profesional agar menguntungkan daerah,” ujar salah seorang anggota DPRD Kota Kendari.

Beberapa warga Kendari bahkan usu agarl Gubernur Ali Mazi mengganti semua pimpinan OPD yang tidak sejalan dengan misi Gubernur yang penuh semangat memajukan perekonomian Sultra. (AH/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

TERPOPULER