GIPI: Bandara Halu Oleo Kendari Harus Dijadikan Bandara Internasional

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Bandara Halu Oleo di Kendari, Sulawesi Tenggara sudah saatnya ditingkatkan menjadi bandara Internasional. Jika statusnya sudah menjadi bandara Internasional maka pesawat dari Singapura dan negara lain bisa langsung mendarat di Halu Oleo menurunkan wisatawan mancanegara.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Pusat, H Didien Junaidy mengemukakan itu di Kendari, Selasa (15/1) seusai mengukuhkan Ir Hugua sebagai Ketua pengurus GIPI Sultra periode 2018-2023. GIPI Sultra beranggotakan lebih 100 pebisbis profesional bidang kepariwisataan.

Menurut Didien Junaidy potensi kepariwisataan Sultra sangat prospektif dan sangat menjual. Selama ini wisatawan tidak memperhitungkan bahwa Kendari, ibukota Sulawesi Tenggarai punya banyak lokasi wisata menarik, diantaranya pulau Bokori dan Labengki.

Kendari juga punya pelabuhan laut dan udara yang rutin memberangkatkan wisatawan ke Wakatobi.

“Tapi kenapa Wakatobi malah lebih dikenal dibanding Kendari? Karena Wakatobi sering dikunjungi wisman dari berbagai negara. Bandara Matahora di Wakatobi malah sudah direncanakan menjadi bandara Internasional,” ujar Didien.

H Didien Junaedy, Ketua GIPI Pusat

Karena itu, Didien sangat berharap pebisnis pariwisata anggota GiPI Sultra terus berjuang mendatangkan wisatawan ke Kendari. Jika jumlah wisman terus meningkat, pemerintah pusat akan mempercepat kenaikan pangkat bandara Halu Oleo.

Hugua yang juga dikenal mantan Bupati Wakatobi mengaku sudah punya sejumlah program memajukan kepariwisataan Sultra. Juga akan bekerjasama dengan Pemprov Sultra membuat beragam acara yang layak dijual ke luar negeri sehingga arus wisman akan lancar ke Kendari, terus ke Wakatobi atau dari Wakatobi lanjut ke Kendari.

Selama ini, kata Hugua, wisman masuk Wakatobi melalui Denpasar dan Makassar. Jika Bandara Halu Oleo sudah berstatus bandara internasional maka wisman bisa langsung ke Kendari atau Wakatobi. (AH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy