Mendagri: Kasus KTP-el Tercecer Hanya Bikin Gaduh di Tahun Politik

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut kasus KTP elektronik (KTP-el) tercecer di wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur, hanya membuat gaduh suasana di tahun politik.

“Tidak sampai mengganggu sistem, itu KTP-el kadaluarsa. Sistem dipastikan aman. Kemungkinan besar peristiwa itu hanya untuk membuat gaduh suasana di tahun politik,” kata Tjahjo kepada wartawan usai menghadiri Rakornas Bawaslu di Ancol, Jakarta, Senin (10/12)

Secara ketentuan, kata Tjahjo, setiap KTP-el yang rusak atau kedaluwarsa wajib digunting.

“Harusnya digunting. Ini kok belum digunting dicecer, terus nyecernya kok di sawah, itu aja yang menarik,” katanya.

Oleh karenanya ia menyebut ada indikasi motif politik dibalik tercecernya KTP-el.

“Kalau saya melihat indikasinya ada unsur kepentingan politik walau itu KTP-el sudah kedaluarsa,” katanya.

Namun demikian, Tjahjo menyatakan masih menunggu hasil penyidikan tuntas oleh Kepolisian.

Tjahjo menduga oknum yang membuat KTP-el tercecer merupakan orang dalam sebab mustahil pencuri bisa memperoleh KTP-el dalam jumlah banyak.

Kemendagri akan memberikan sanksi tegas bagi oknum yang lalai atau sengaja membuat KTP-el tersebut tercecer.

“Jelas sanksi tegas kalau tertangkap, kemarin ada yang kami turunkan pangkatnya. Kalau terjadi lagi akan kami pecat. Karena ini data KTP-el walau tidak mengganggu sistem, tapi kan bisa menimbulkan pertanyaan-pertanyaan,” katanya.

Baca juga: Kembali Ditemukan Ribuan KTP-el Tercecer di Pinggir Jalan

Sebelumnya, warga Jalan Karya Bakti VI, Pondok Kopi, Jakarta Timur, dikagetkan dengan temuan ribuan KTP-el yang tercecer di daerah tersebut, Sabtu (8/12).

KTP-el itu awalnya ditemukan oleh sekelompok anak-anak di dalam karung yang tergeletak di pinggir jalan. Temuan ini dilaporkan Ketua RW setempat ke polisi.

KTP-el itu ditemukan dalam kondisi tidak terpotong-potong dan terisi dengan data pribadi warga. Sebagian KTP ditemukan dalam kondisi rusak dan tidak terbaca tulisannya. (Ant/SU05)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.