Wisatawan Domestik Bali Turun 12 Persen Karena Kenaikan Harga Tiket Pesawat

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Kunjungan wisatawan domestik ke Bali mengalami penurunan 12 persen sejak Januari sampai saat ini seiring dengan kenaikan harga tiket pesawat dan sebagian wisatawan domestik yang datang berlibur ke Bali beralih menggunakan transportasi darat.

“Dampak kenaikan harga tiket domestik ini sangat buruk terhadap pariwisata, hampir di seluruh bandara sekarang sepi. Sejak kenaikan harga tiket pada Januari hingga sekarang, jumlah wisatawan domestik yang datang ke Bali turun sekitar 12 persen,” Kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, A. A. Gede Yuniartha Putra, di Denpasar, Bali, Ahad (3/6).

Ia pun menyatakan dukungan terhadap wacana Presiden Jokowi yang ingin mengundang lebih banyak lagi penerbangan luar “bermain” di Indonesia. Menurut Yuniartha, penerbangan luar negeri menawarkan harga tiket lebih murah dibandingkan dengan penerbangan domestik.

Yuniarta mengatakan sejauh ini mahalnya harga tiket tidak terpengaruh pada kedatangan dari wisatawan asing yang berkunjung ke Bali. Meskipun, diakuinya, nantinya akan ada persoalan yang muncul terkait dengan penerbangan, tak sedikit wisatawan dapat memilih angkutan darat sebagai alternatif dan sarana yang menarik ke depannya.

“Jadi tetap penurunan terjadi pada wisatawan domestik saja,” ujarnya.

Menurutnya, banyaknya wisatawan terutama dari dalam negeri menggunakan transportasi darat untuk untuk berlibur saat ini tidak lepas dari keberadaan infrastruktur Trans Jawa, Trans Sumatera, dan lainnya.

“Kalau mereka beralih dengan transportasi darat tentu akan lebih mudah untuk mencapai destinasi, karena sekarang juga sudah dimudahkan dengan google map yang juga membuat orang mudah mencapai suatu tujuan wisatanya ke mana pun,” katanya.

Ia mengatakan, secara umum untuk angkutan Lebaran tahun ini, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya yang berjalan lancar. Untuk jalur darat pun, armada-armada yang berangkat dari Bali ke luar daerah, telah dipersiapkan dengan baik.

Pemerintah Provinsi Bali optimistis jumlah kunjungan wisatawan domestik pada liburan Lebaran akan mengalami peningkatan, karena ia melihat wisatawan Domestik yang tetap memilih Bali sebagai destinasi wisata saat libur panjang.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O