Puting Beliung Hantam Sejumlah Rumah di Tiga Kelurahan

SUMBA TIMUR, SERUJI.CO.ID – Angin puting beliung menghantam sejumlah rumah penduduk di tiga kelurahan di Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tiga kelurahan itu yakni Mauliru, Mauhau, dan Lambanapu.

“Kejadian itu terjadi karena semalam hujan dengan intensitas tinggi di tiga kelurahan Mauliru, Mauhau, dan Lambanapu sampai pagi tadi, dan pada pukul 05.45 pagi angin datang dengan tiba-tiba menghantam sejumlah rumah di wilayah itu,” kata Gerson Ratu, warga Kelurahan Mauliru, kepada SERUJI di lokasi kejadian, Rabu (10/1).

Pada hari itu juga, Bupati Kabupaten Sumba Gidion Mbiljora, meninjau langsung rumah penduduk di tiga kelurahan yang rusak parah.

“Hari ini, kami bersama tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera turun dan meninjau langsung lokasi rumah penduduk yang terkena angin puting beliung sekaligus di data semua jumlah rumah yang rusak parah itu,” kata Gidion kepada SERUJI, Rabu (10/1).

Menurut dia, ada tiga kelurahan yang terkena angin puting beliung sehingga sejumlah rumah penduduk rusak berat. Bila dilihat di lokasi musibah umumnya rumah penduduk miskin yang paling banyak rusak parah.

“Di tiga kelurahan itu yang terkena musibah paling banyak warga miskin karena rumah penduduk di sekitar situ umumnya rumah gedek bambu beratap alang-alang. Jadi, kondisi rumah seperti itu tentunyanya tidak kuat sehingga angin datang langsung rubuh,” Ujarnya.

Gidion meminta kepada ketiga lurah masing-masing kelurahan yang terkena musibah agar segera mendata rumah-rumah penduduk serta kerugian material.

“Saya minta ketiga lurah untuk segera mendata semua rumah yang rusak parah di wilayahnya serta lahan pertanian mereka, agar kami bisa menyalurkan bantuan yang mungkin diawalnya berupa bantuan emergency dulu,” ujarnya.

“Jika ada yang perlu ditambahkan, segera melaporkan sesuai data riil di lapangan,” imbuhnya. (Habibudin/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

PT Semen Indonesia: Jebloknya Arus Kas Pasca Akuisisi Super Mahal Holcim

Akuisisi mestinya adalah sesuatu yang positif. Tetapi laporan keuangan terbaru SI berkata lain. Akuisisi justru menurunkan kinerja. Mengapa?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi