close

Puting Beliung Hantam Sejumlah Rumah di Tiga Kelurahan

SUMBA TIMUR, SERUJI.CO.ID – Angin puting beliung menghantam sejumlah rumah penduduk di tiga kelurahan di Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tiga kelurahan itu yakni Mauliru, Mauhau, dan Lambanapu.

“Kejadian itu terjadi karena semalam hujan dengan intensitas tinggi di tiga kelurahan Mauliru, Mauhau, dan Lambanapu sampai pagi tadi, dan pada pukul 05.45 pagi angin datang dengan tiba-tiba menghantam sejumlah rumah di wilayah itu,” kata Gerson Ratu, warga Kelurahan Mauliru, kepada SERUJI di lokasi kejadian, Rabu (10/1).

Pada hari itu juga, Bupati Kabupaten Sumba Gidion Mbiljora, meninjau langsung rumah penduduk di tiga kelurahan yang rusak parah.

“Hari ini, kami bersama tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera turun dan meninjau langsung lokasi rumah penduduk yang terkena angin puting beliung sekaligus di data semua jumlah rumah yang rusak parah itu,” kata Gidion kepada SERUJI, Rabu (10/1).


Menurut dia, ada tiga kelurahan yang terkena angin puting beliung sehingga sejumlah rumah penduduk rusak berat. Bila dilihat di lokasi musibah umumnya rumah penduduk miskin yang paling banyak rusak parah.

“Di tiga kelurahan itu yang terkena musibah paling banyak warga miskin karena rumah penduduk di sekitar situ umumnya rumah gedek bambu beratap alang-alang. Jadi, kondisi rumah seperti itu tentunyanya tidak kuat sehingga angin datang langsung rubuh,” Ujarnya.

Gidion meminta kepada ketiga lurah masing-masing kelurahan yang terkena musibah agar segera mendata rumah-rumah penduduk serta kerugian material.

“Saya minta ketiga lurah untuk segera mendata semua rumah yang rusak parah di wilayahnya serta lahan pertanian mereka, agar kami bisa menyalurkan bantuan yang mungkin diawalnya berupa bantuan emergency dulu,” ujarnya.

“Jika ada yang perlu ditambahkan, segera melaporkan sesuai data riil di lapangan,” imbuhnya. (Habibudin/SU05)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Minta Kasus Kivlan Zen Diselesaikan Secara Hukum, Begini Penjelasan Ryamizard

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menegaskan kasus hukum yang menimpa mantan Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen harus diselesaikan secara prosedur hukum.

Puji Ketua MK Anwar Usman, Sandiaga: Pernyataannya Sangat Menggetarkan Hati

Menurut Sandiaga apa yang disampaikan Anwar Usman dinilainya bijak dan sangat menggetarkan hati.

Kominfo Tidak Akan Batasi Akses Medsos Apabila Kondusif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan...

350 Personel Polda Jambi Disiagakan Jelang Keputusan Sidang MK

JAMBI, SERUJI.CO.ID - Demi menjaga situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat...

Anwar Usman Tegaskan MK Bekerja Secara Independen

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Majelis Hakim Konstitusi, Anwar Usman...

MK Memulai Sidang PHPU Pilpres 2019 Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum...

TERPOPULER