Puting Beliung Hantam Sejumlah Rumah di Tiga Kelurahan

SUMBA TIMUR, SERUJI.CO.ID – Angin puting beliung menghantam sejumlah rumah penduduk di tiga kelurahan di Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tiga kelurahan itu yakni Mauliru, Mauhau, dan Lambanapu.

“Kejadian itu terjadi karena semalam hujan dengan intensitas tinggi di tiga kelurahan Mauliru, Mauhau, dan Lambanapu sampai pagi tadi, dan pada pukul 05.45 pagi angin datang dengan tiba-tiba menghantam sejumlah rumah di wilayah itu,” kata Gerson Ratu, warga Kelurahan Mauliru, kepada SERUJI di lokasi kejadian, Rabu (10/1).

Pada hari itu juga, Bupati Kabupaten Sumba Gidion Mbiljora, meninjau langsung rumah penduduk di tiga kelurahan yang rusak parah.

“Hari ini, kami bersama tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera turun dan meninjau langsung lokasi rumah penduduk yang terkena angin puting beliung sekaligus di data semua jumlah rumah yang rusak parah itu,” kata Gidion kepada SERUJI, Rabu (10/1).

Menurut dia, ada tiga kelurahan yang terkena angin puting beliung sehingga sejumlah rumah penduduk rusak berat. Bila dilihat di lokasi musibah umumnya rumah penduduk miskin yang paling banyak rusak parah.

“Di tiga kelurahan itu yang terkena musibah paling banyak warga miskin karena rumah penduduk di sekitar situ umumnya rumah gedek bambu beratap alang-alang. Jadi, kondisi rumah seperti itu tentunyanya tidak kuat sehingga angin datang langsung rubuh,” Ujarnya.

Gidion meminta kepada ketiga lurah masing-masing kelurahan yang terkena musibah agar segera mendata rumah-rumah penduduk serta kerugian material.

“Saya minta ketiga lurah untuk segera mendata semua rumah yang rusak parah di wilayahnya serta lahan pertanian mereka, agar kami bisa menyalurkan bantuan yang mungkin diawalnya berupa bantuan emergency dulu,” ujarnya.

“Jika ada yang perlu ditambahkan, segera melaporkan sesuai data riil di lapangan,” imbuhnya. (Habibudin/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Isu Kuatkan Ekonomi Umat pun Disuarakan oleh TGB Zainul Majdi

Bagi dunia politik, apa beda politisi dengan pemimpin? Orientasi politisi adalah jabatan. Mereka hanya tamu di dunia politik karena datang dan pergi sesuai dengan menang atau kalah dalam pemilihan umum.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER