Kreatif: Jaga Kesucian, Takmir Masjid Ini Buat “Landasan Suci”

0
106
  • 16
    Shares

SAMARINDA, SERUJI.CO.ID – Untuk menjaga kesucian masjid dan jamaah yang akan melaksanakan ibadah shalat, takmir Masjid Syeikh Mahmuddin di Plaza Mulia, Kota Samarinda membuat sebuah alat yang mereka sebut ‘Landasan Suci’.

Kreatifitas takmir Masjid ini, terungkap dari sebuah video yang memperlihatkan ‘Landasan Suci’ dan cara kerjanya. Video tersebut beredar luas di media sosial dan aplikasi kirim pesan.

Berdasarkan pengamatan SERUJI, alat yang disebut ‘Landasan Suci’ tersebut adalah sebuah alat yang dibuat untuk membilas telapak kaki jamaah yang hendak masuk atau keluar dari area tempat wudhu ke dalam masjid.

‘Landasan Suci’ itu bekerja tanpa menggunakan listrik sama sekali, hanya mengandalkan tekanan kaki dari jamaah yang menginjak permukaan alat tersebut. Mekanisma yang digunakan untuk membuka-tutup kran untuk mengalirkan air adalah memanfaatkan naik-turunnya permukaan landasan akibat injakan dari jamaah.

Dengan alat tersebut, selain dapat menjaga kesucian masjid, takmir masjid juga dapat menghemat pengeluaran air yang terkontrol sesuai dengan kebutuhan saat jamaah menginjak alat tersebut saja.

Berikut video ‘Landasan Suci’ tersebut;

(ARif R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU