Beranda Topik Pembantaian 31 Pekerja Papua
Kumpulan Berita

Pembantaian 31 Pekerja Papua

Sambil Buru Kelompok Separatis Papua, Wiranto: Operasi Penyelamantan Terus Dilakukan

"Operasi penyelamatan korban masih terus dilakukan baik di tempat kejadian maupun sekitar kejadian karena banyak juga dari para pekerja yang menyelamatkan diri secara terpecah," kata Wiranto usai menggelar Rapat Koordinasi tentang penyelesaian permasalahan Papua, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (11/12).

Sadis, Jenazah Korban Separatis Papua Ditemukan dalam Kondisi Banyak Luka Tikam

"Terdapat luka tikam di dada depan yang tembus hingga punggung, dan ada luka bacok di leher belakang," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal lewat rilis yang diterima SERUJI di Jayapura, Senin (10/11).

Kodam Cenderawasih Bantah Penggunaan Bom dan Pesawat Tempur di Nduga

"Sampai saat ini TNI tak melakukan penyerangan, yang ada kita diserang saat lakukan evakuasi. Kontak tembak di bukit Tabo itu jarak terdekat dengan kampung terdekat antara 4-5 kilometer, jadi kalau ada korban di daerah kontak ini berarti bukan warga murni melainkan bagian dari separatis," jelas Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel. Inf Muhammad Aidi kepada SERUJI di Pendam, Jayapura, Senin (10/12) pagi.

1 Jenazah Korban Separatis Papua Ditemukan Lagi, Hari Ini Dievakuasi ke Wamena

"Ditemukan kurang lebih 1 Kilometer dari lokasi pembantaian di Bukti Tabo dengan ciri-ciri rambut panjang memakai celana panjang putih," ungkap Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi saat dikonfirmasi SERUJI di Pendam Cenderawasih, Senin (10/12) pagi.

Inilah Kesepakatan PT. Istaka dan Keluarga Korban Separatis Papua Soal Santunan

Sebelum mencapai angka tersebut pihak keluarga korban dalam negosiasi awalnya meminta perusahaan membayar Rp1 miliar. "Kesepakatan selesai jam 4 sore Jumat kemarin, memang kami minta Rp1 miliar tapi ditawar hingga dealnya Rp75 juta," jelas Yohanis.

Hingga Hari Ini 5 Pekerja Proyek Trans Papua Masih Belum Ditemukan

"M. Ali Akbar, Petrus Ramli, Hardi Ali, Simon Tandi dan Riki Simanjuntak. Mereka ini yang masih dalam pencarian," kata Kamal melalui keterangan tertulisnya yang diterima SERUJI di Jayapura, Sabtu (8/12) pagi.

Berikut Data Lengkap 16 Korban Meninggal Akibat Pembunuhan Separatis Papua

"Iya, seluruh 16 jenazah telah berhasil diidentifikasi. Dan pukul 15.00 WIT 14 jenazah diberangkatkan ke Makassar yang selanjutnya diterbangkan ke kampung halaman masing-masing, " ujar Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol. Inf. Dax Sianturi, kepada SERUJI melalui pesan tertulis, Jumat (7/12).

Selain Temukan 16 Jenazah, TNI/Polri Berhasil Temukan 20 Pekerja Yang Selamat

Dari 20 orang tersebut, tujuh merupakan karyawan PT. Istaka Karya yang berhasil lolos dari isiden pembunuhan oleh kelompok separatis Papua yang oleh aparat disebut sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), pada Ahad (2/12) lalu.

[FOTO] Inilah 9 Pekerja Trans Papua Korban Separatis Papua Yang Berhasil Diidentifikasi

Aparat gabungan TNI/Polri yang melakukan penyisiran di Distrik Yigi dan Mbua, Papua kembali berhasil menemukan 16  jenazah yang jadi korban kekejian kelompok separatis Papua pada Ahad (2/12) lalu.

16 Jenazah Pekerja Korban Separatis Papua Ditemukan, 9 Berhasil Diidentifikasi

Sembilan jenazah yang merupakan pekerja jembatan dari PT. Istaka Karya tersebut, kata Dax, sudah dievakuasi ke Timika. "Adapun daftar jenazah karyawan PT. Istaka Karya yang sudah dievakuasi yakni, Agustinus T, Jepry Simaremare, Carly Zatrino, Alpianus M, Muh. Agus, Fais Syahputra, Yousafat, Aris Usi dan Yusran," jelas Dax Sianturi lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI di Jayapura, Jumat (7/12) pagi.

Terkait Kelompok Pembunuh 31 Pekerja di Papua, Jokowi: Tumpas Sampai ke Akar-Akarnya

Disampaikan oleh Presiden, bahwa ia telah memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk mengejar dan menangkap seluruh pelaku pembunuhan yang dinilai sangat biadab dan tidak berperikemanusiaan. "Kita akan tumpas mereka sampai ke akar-akarnya," tegas Presiden Jokowi saat jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/12).

Tegaskan KKB Pemberontak Bukan Kriminal, Ryamizard: Menyerah atau Diselesaikan!

"Mereka itu bukan kelompok kriminal tapi pemberontak," tegas Ryamizard di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/12).

Menhan: Pembunuhan di Papua Dilakukan Separatis, Tidak Ada Negosiasi

Terkait pembunuhan 31 pekerja proyek Trans Papua di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, Ahad (2/12), Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menilai TNI harus turun, karena para pelaku adalah kelompok pemberontak atau separatis.

POPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Jakarta, Seruji.com-- Ayat ke 255 dari Surah Al Baqarah yang juga disebut Ayat Kursi merupakan Kalamullah yang sangat dikenal di kalangan umat Islam, karena...

Tidak Hanya Bukan Penentu Ketum IKA ITS Terpilih, Hasil OMOV Juga Berpeluang Dianulir Senat

Namun, menurut Cak Tatok, nama-nama calon Ketum yang terpilih di OMOV masih berpeluang dianulir oleh Senat IKA ITS karena pertimbangan PDLT (Prestasi, Dedikasi, Loyalitas, dan Tidak Tercela).

Inilah Bakal Calon Ketum IKA ITS Yang Akan Dipilih dengan Sistem OMOV

Namun, ada yang berbeda pada OMOV IKA ITS yang akan melibatkan seluruh alumni ini, dimana hasil OMOV bukanlah sebagai penentu Ketum terpilih, tapi hanya sebagai proses penjaringan calon Ketum yang kemudian akan dipilih di Kongres.