Partisipasi Pemilih di Penajam Capai 71 Persen

0
25
Surat suara (ilustrasi)

PENAJAM, SERUJI.CO.ID –┬áPartisipasi politik warga yang menggunakan hak pilih di Pilkada Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur 2018 mencapai 71,34 persen dari jumlah yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 118.329 pemilih.

Tingkat kehadiran masyarakat ke TPS (tempat pemungutan suara) untuk mencoblos pada pemilihan kepala daerah 2018 relatif cukup tinggi, ujar Ketua Desk Pilkada Serentak 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar ketika dihubungi di Penajam, Sabtu (30/6).

Ia sempat mengkhawatirkan partisipasi politik warga yang menggunakan hak pilihnya pada pilkada 2018 menurun.

Namun, menurut Tohar, tingkat partisipasi politik warga Kabupaten Penajam Paser Utara hanya terpaut enam persen dibanding target tingkat partisipasi pemilih secara nasional. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat menargetkan partisipasi masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada 2018 lebih kurang 77,8 persen.

“KPU pusat secara nasional menargetkan tingkat partisipasi pemilih 77,8 persen, dan di Kabupaten Penajam Paser Utara partisipasi politik warga tercapai 71,34 persen,” kata Tohar.

Kendati tidak mencapai target nasional, kata Tohar, tingkat partisipasi politik masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara pada Pilkada 2018 sudah lebih baik.

“Dibanding Kota Balikpapan yang tingkat partisipasi pemilihnya 64,4 persen dan Kabupaten Mahulu hanya 59 persen tingkat partisipasi pemilihnya,” jelasnya.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara menyebar relawan demokrasi atau agen sosialisasi ke seluruh wilayah di empat kecamatan sebagai upaya meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pilkada 2018.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara juga menggelar kelas pemilu harapan dan simulator di empat kecamatan untuk meningkatkan pastisipasi pemilih pada Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019.

Tohar yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang ikut menyukseskan proses tahapan Pilkada 2018 hingga akhir, sehingga berjalan damai dan lancar.

Kabupaten Penajam Paser Utara menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, bersamaan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, pada Rabu 27 Juni 2018. (Ant/SU0)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...