Partisipasi Pemilih di Penajam Capai 71 Persen

PENAJAM, SERUJI.CO.ID –┬áPartisipasi politik warga yang menggunakan hak pilih di Pilkada Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur 2018 mencapai 71,34 persen dari jumlah yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 118.329 pemilih.

Tingkat kehadiran masyarakat ke TPS (tempat pemungutan suara) untuk mencoblos pada pemilihan kepala daerah 2018 relatif cukup tinggi, ujar Ketua Desk Pilkada Serentak 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar ketika dihubungi di Penajam, Sabtu (30/6).

Ia sempat mengkhawatirkan partisipasi politik warga yang menggunakan hak pilihnya pada pilkada 2018 menurun.

Namun, menurut Tohar, tingkat partisipasi politik warga Kabupaten Penajam Paser Utara hanya terpaut enam persen dibanding target tingkat partisipasi pemilih secara nasional. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat menargetkan partisipasi masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada 2018 lebih kurang 77,8 persen.

“KPU pusat secara nasional menargetkan tingkat partisipasi pemilih 77,8 persen, dan di Kabupaten Penajam Paser Utara partisipasi politik warga tercapai 71,34 persen,” kata Tohar.

Kendati tidak mencapai target nasional, kata Tohar, tingkat partisipasi politik masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara pada Pilkada 2018 sudah lebih baik.

“Dibanding Kota Balikpapan yang tingkat partisipasi pemilihnya 64,4 persen dan Kabupaten Mahulu hanya 59 persen tingkat partisipasi pemilihnya,” jelasnya.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara menyebar relawan demokrasi atau agen sosialisasi ke seluruh wilayah di empat kecamatan sebagai upaya meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pilkada 2018.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara juga menggelar kelas pemilu harapan dan simulator di empat kecamatan untuk meningkatkan pastisipasi pemilih pada Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019.

Tohar yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang ikut menyukseskan proses tahapan Pilkada 2018 hingga akhir, sehingga berjalan damai dan lancar.

Kabupaten Penajam Paser Utara menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, bersamaan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, pada Rabu 27 Juni 2018. (Ant/SU0)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Corpopreneur Yes! Entrepreneur No!

Kita tidak butuh lagi peningkatan jumlah atau persentase entrepreneur. Yang dibutuhkan adalah bagaimana membesarkan perusahaan-perusahaan gurem itu menjadi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan prinsipal yang karyawannya puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.