Pengamat: Poros Ketiga Sulit Tapi Memungkinkan


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pengamat politik dari The Indonesian Public Institute Karyono Wibowo menilai upaya membentuk poros ketiga dalam Pilpres 2019 sulit dilakukan namun mungkin terjadi jika ada perkembangan politik yang mendukungnya.

“Tidak mudah untuk mewujudkan poros ketiga. Sebab kepentingan politik pasti berjalan dinamis serta alot, yakni terbelenggu oleh ambang batas presiden sebesar 20 persen, serta dinamika tawar-menawar posisi capres-cawapres yang tak mudah dikompromikan,” jelas Karyono dihubungi di Jakarta, Jumat (16/3).

Tetapi Karyono mengatakan terbentuknya poros ketiga ini mungkin terjadi jika dalam kekuatan poros ketiga itu terdapat satu partai yang saat ini berada dalam koalisi pemerintah.

“Misalnya jika PKB keluar dari poros pemerintah. Jika Demokrat dan PKB mencapai kesepakatan, dan PAN ikut bergabung, maka poros ketiga bisa terbentuk,” jelas dia.

Dia menekankan segalanya bergantung terhadap kesepakatan politik ketiga partai itu dengan Jokowi.

Lebih jauh Karyono menyatakan bahwa pembentukan poros ketiga dapat dilandasi oleh dua alasan.

Alasan pertama, untuk meningkatkan posisi tawar politik. Sedangkan alasan kedua, yang bersifat sangat politis, yakni untuk memecah perolehan suara Jokowi.

Menurut Karyono, Jokowi masih dominan jika hanya berhadapan dengan Prabowo Subianto. Namun jika terbentuk poros ketiga, maka suara pemilih Jokowi dapat pecah, dan berpotensi terjadi dua putaran Pilpres.

Celah tersebut dapat dimanfaatkan untuk membalikkan keadaan. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.
close