close

Parpol

KOLOM

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

GOLPUT: Halal Versus Haram, dan Gerakan Ayo Memilih

Di tahun 2019, kita mencatat ikhtiar gerakan anti Golput yang unik di Indonesia. Promotornya Jeune and Raccord Communication. Tiga anak muda memulai gerakan ini: Monica JR, Riries Puri, Arie Prijono.

PKS Raih Kursi DPRD Kota Bandung Dua Kali Lipat, PDIP Turun Banyak Dibanding 2014

Keberhasilan PKS ini melengkapi kemenangan PKS dalam Pilkada 2018 dengan menempatkan kadernya sebagai Wali Kota Bandung, yakni Oded M Danial.

Ratusan Petugas KPPS Meninggal, Golkar Minta Dibentuk Tim Khusus Selidiki Sebabnya

Menurut Ical, sapaan Aburizal Bakrie, besarnya jumlah petugas KPPS yang meninggal tersebut terbilang sangat banyak, sehingga hal tersebut tak bisa didiamkan dan sudah termasuk kategori tragedi nasional.

Koalisi Parpol Pendukung Jokowi Klaim Berhasil Raih Lebih 60 Persen Kursi DPR RI

"Dengan kekuatan sekitar 349 kursi atau 60,7 persen kursi di parlemen, maka akan memuluskan program pemerintahan Pak Jokowi periode kedua," kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto

Dikabarkan Berhasil Lolos ke DPR RI, Begini Tanggapan Mulan Jameela

Dikabarkan lolos ke Senayan, kata Mulan ia tak ambil pusing. Jsutru ia lebih memikirkan pasangan capres-cawapres nomor urut 02 menang Pilpres 2019. Begini penjelasannya.

Soal Pertemuan Prabowo dengan Ulama dan Tokoh Nasional, Begini Penjelasan Gerindra

"Ini bagian dari upaya menyelamatkan masa depan bangsa dan negara. Namun semua proses itu harus dilakukan dengan cara-cara yang damai," tukasnya.

Ungkap Proposal Denny JA Pernah Ditolak Prabowo, Begini Cerita Elit Gerindra

Mulyadi mengaku, bahwa ia yang mengantarkan Denny JA bertemu Prabowo di kediaman Prabowo di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Bawaslu Batam Kantongi Alat Bukti Dugaan Politik Uang Oknum Caleg Partai Gerindra

"Kami sudah dapatkan semua barang bukti dan saksi," kata Komisioner Bawaslu Batam, Mangihut Rajagukguk di Batam, Senin (15/4).

Masuki Minggu Tenang, PKS Ingatkan Masyarakat Waspadai Politik Uang

"Penting untuk mewaspadai jika di hari-hari tenang ini ada genderuwo yang menakut-nakuti mereka dengan intimidasi atau mengambil kedaulatan mereka,” tukasnya.

Nilai PKS Satu-Satunya Partai Islam di Koalisi 02, HRS Serukan Umat Islam Menangkan PKS

"Saya menyerukan kepada pengurus FPI dari Sabang sampai Merauke untuk bekerja sama dengan PKS untuk memperjuangkan agama, bangsa, dan negara karena PKS merupakan satu-satunya partai Islam yang ada di koalisi," kata Habib Rizieq

Partai Islam Yang Khianat Akan Ditinggal, Habib Rizieq: Yang Kita Harap di Koalisi Hanya PKS

"Partai Islam yang berkhianat akan kita tinggal. Yang kita harap partai Islam di koalisi hanya PKS," kata Habib Rizieq

Karena Dukung Prabowo-Sandi, Golkar Akan Pecat Ketua DPD Wonosobo

Gara-gara mendukung sesuai nuraninya pada pasangan calon nomor urut 02, Prabowo-Sandi, Ketua DPD Golkar Wonosobo terancam dipecat.

Sambut Kampanye Akbar Prabowo-Sandi di GBK, PKS Adakan Flash Mob Terpanjang di Dunia

Peserta aksi flash mob terpanjang ini terpantau bukan hanya diikuti oleh kader-kader senior PKS, namun juga para pemilih pemula yang baru pertama kali memilih pada perhelatan demokrasi tahun ini.

Survei Charta: Prabowo Diperingkat Teratas, Inilah Ketum Parpol Yang Disukai Masyarakat

"Ketua umum partai yang paling disukai urutannya adalah memang masih Prabowo Subianto, itu paling disukai dari semua ketua umum yang ada," kata Muslimin dalam jumpar pers di Jakarta, Kamis (4/4).

Survei Charta: Diprediksi Hanya 7 Parpol Ini Yang Aman Lolos PT 4 Persen Pemilu 2019

Dalam survei yang dilakukan pada 19-25 Maret 2019 tersebut, sembilan partai politik diperkirakan tidak lolos PT 4 persen.

Survei Charta: Jelang Pencoblosan, Elektabilitas PDIP dan Gerindra Naik Tinggi Dampak Efek Ekor Jas

Dari survei yang dilakukan pada 19-25 Maret 2019 tersebut, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra masih memimpin diurutan teratas elektabilitas.

Survei CSIS: Inilah Tiga Partai Yang Diprediksi Tempati Papan Atas Pemilu 2019

Dalam survei yang dilakukan sejak 15 Maret sampai 22 Maret 2019 dengan menggunakan metode multistage random sampling tersebut, diketahui hanya tiga partai politik yang akan menempati posisi papan atas

Berikan Dukungan, Ketua Seknas Relawan Prabowo-Sandiaga Kunjungi Dhani

"Iya mau nanya kabarnya kayak apa. Beritanya kayak apa. Sehat apa nggak. Memberi dukunganlah," kata Taufik saat di Rutan Cipinang, Jakarta, Jumat (1/2).

PKB Salah Satu dari 3 Parpol Yang Bersih dari Caleg Eks Napi Korupsi

Hampir semua partai politik masih mencalonkan mantan napi korupsi sebagai calegnya. Golkar sebanyak 8 orang, Gerindra 6 orang, dan Hanura sebanyak 5 orang caleg.

KPU Umumkan Caleg Eks Napi Korupsi, Ketua DPR: Itu Wewenang Mereka

"Pada prinsipnya kami sebagai lembaga legislatif yang telah memilih Komisioner KPU, silahkan mereka menggunakan kewenangannya," kata Bambang

9 Eks Napi Korupsi Calonkan Diri Jadi Anggota DPD RI, Inilah Nama dan Provinsinya

Walau pernah tersandung kasus korupsi, 9 orang ini masih mencalonkan diri ingin menjadi anggoa Dewan Perwakilan Daerah. Simak nama-namanya dan provinsi asalnya.

Sebanyak 40 Eks Napi Korupsi Melamar Jadi Wakil Rakyat, Inilah Nama dan Partainya

“Kami sudah memastikan daftar calon anggota dewan yang berstatus mantan terpidana (korupsi),” kata Ketua KPU, Arief Budiman, di Jakarta, Rabu (31/1) malam.

Bukan Gerindra, Ternyata Golkar Terbanyak Usung Caleg Mantan Napi Korupsi

Selama ini banyak yang menduga Gerindra adalah Parpol dengan eks napi korupsi terbanyak yang diakomodir sebagai caleg. Namun, setelah KPU mengumumkan ternyata Golkar. Ini lah nama-namanya.

Koalisi Masyarakat Demokrasi Kutuk Pemidanaan Anggota KPU oleh Oesman Sapta

Dalam pernyataan sikap bersama yang dibacakan di Media Center KPU RI Jakarta, Rabu (30/1), mereka menolak pembajakan demokrasi yang dilakukan individu untuk kepentingan pribadi.

KPU Putuskan Tidak Loloskan OSO di Pencalonan DPD

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan tetap tidak meloloskan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dalam pencalonan anggota legislatif Dewan Perwakilan...

PKS Janji Perjuangkan RUU Pemuliaan Alim Ulama

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Jika meraih suara signifikan dalam Pemilihan Legislatif 2019, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berjanji akan memperjuangkan RUU Pemuliaan Alim Ulama, tokoh agama,...

Bawaslu Gelar Sidang Pendahuluan Dugaan Pelanggaran Pemilu 2019

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar sidang pendahuluan kasus dugaan pelanggaran pemilu 2019 di Jakarta, Senin (27/5) pagi.

MK Tetap Terima Kelengkapan Data Gugatan Pemilu Meski Libur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) tetap menerima data administratif untuk kelengkapan data-data gugatan sengketa pemilu baik legislatif maupun presiden 2019 meski hari ini...

Sandiaga: Kami Ajukan Gugatan ke MK Karena Prihatin Pelaksanaan Pemilu 2019

Sandiaga menjelaskan, Prabowo-Sandi menilai perlu ada evaluasi mendalam dalam aspek pelaksanaan Pemilu antara lain aspek manajerial, pengelolaan data dan berbagai hal lain agar Pemilu berjalan jurdil.

Syarat dan Bukti Sudah Lengkap, BPN Segera Daftarkan Gugatan ke MK

"Insya Allah..insya Allah (syarat gugatan sudah lengkap)," kata Denny di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Jumat (24/5).

POPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Jakarta, Seruji.com-- Ayat ke 255 dari Surah Al Baqarah yang juga disebut Ayat Kursi merupakan Kalamullah yang sangat dikenal di kalangan umat Islam, karena...

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Wanita, 46 tahun, Karyawan, Palembang Assalamualaikum wrwb, Saya mau nanya dok, Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh...

Viral: Video Prajurit TNI AD Cegah Polisi Keroyok Peserta Aksi 22 Mei

Diduga video tersebut terkait dengan peristiwa unjuk rasa 22 Mei yang berlangsung di Jakarta, namun tidak diketahui dimana lokasi video tersebut diambil.