Peringati Sepekan Teror Christchurch, Selandia Baru Heningkan Cipta dan Siarkan Adzan Secara Nasional

WELLINGTON, SERUJI.CO.ID – Duka mendalam masyarakat Selandia Baru atas serangan teroris pada ummat Islam yang sedang menjalankan shalat Jumat di dua Masjid di Kota Christchurch, pada Jumat (15/3) lalu, akan diperangati secara nasional.

“Sebuah peringatan nasional bagi mereka yang tewas dalam serangan teror Christchurch akan diadakan besok, Jumat 22 Maret,” kata Perdana Menteri Jacinda Ardern dalam pengumuman resmi pemerintah Selandia Baru di laman beehive.govt.nz, yang dipantau SERUJI, Kamis (21/3).

Peringatan akan dipusatkan di Hagley Park, di seberang Masjid Al Noor di Deans Ave, Christchurch, Jumat (22/3) siang waktu setempat.

Masyarakat akan berkumpul di taman tersebut menunggung adzan yang akan dikumandangkan dari Masjid Al Noor pada pukul 13.30 waktu setempat.

Saat adzan berkumandang, yang juga secara serentak disiarkan lewat Radio dan TV pemerintah, RadioNZ dan TVNZ, selama dua menit hingga pukul 13.32 seluruh masyarakat baik di Hagley Park maupun di manapun di Selandia Baru diminta mengheningkan cipta.

“Bagaimana kita memilih untuk merenung selama keheningan akan berbeda untuk kita masing-masing. Setiap orang harus melakukan apa yang terasa benar bagi mereka, di mana pun mereka berada – di rumah, di tempat kerja, di sekolah,” ujar Jacinda Ardern yang telah memukau dunia dengan cara ia bersikap dan mengambil langkah pasca serangan teroris tersebut.

Dalam acara yang akan berlangsung hingga pukul 14.00, PM Jacinda mengajak masyarakat Selandia Baru untuk mengenakan penutup kepala seperti hijab, dan memakai baju yang menutupi lengan.

“Sebagai bangsa, sebagai satu kesatuan, kami akan memberikan penghormatan kepada mereka yang meninggal di Christchurch,” tukas PM Jacinda Ardern.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Apakah ada Perda yang secara khusus disebut “Perda Syariah”, misalnya, Perda Provinsi Banten Nomor 10 Tahun 2018 tentang Syariah? Perda semacam itu tidak ada, dan belum pernah dijumpai di daerah manapun di tanah air kita ini. Demikian pula tentang Undang-Undang Syariah, adakah di negara kita ini? Sepanjang pengetahuan saya, UU seperti itu tidak ada.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER